Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Rabu, 20 Januari 2021 - 20:12 WIB

Kabid Pemdes Sumedang Sebut Petahana Nyalon Lagi pada Pilkades Serentak 2021 Hanya Perlu Cuti

H. Nuryadin selaku kepela bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sumedang

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE PILKADES SERENTAK: H. Nuryadin selaku kepela bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sumedang


CIMALAKA – Pemilihan kepala desa serentak (Pilkades Serentak) 2021 di Kabupaten Sumedang akan diikuti 89 desa yang tersebar di 26 kecamatan. Rencananya pelaksanaan Pilkades Serentak 2021 akan dilaksanakan pada 5 November 2021.

Istimewanya untuk Pilkades Serentak 2021 ini bagi petahana yang akan nyalon lagi, tak harus mengundurkan diri, namun hanya perlu cuti pada saat pendaftaran hingga penghitungan hasil sehingga tidak diperlukan lagi adanya Pejabat sementara kepala desa. Pjs hanya akan ada jika kepala desa meninggal dunia, atau diberhentikan.

“Bagi incumbent yang akan mengikuti Pilkades lagi tinggal cuti pada saat pendaftaran sampai kepada hasil. Paling dua mingguan. Nah dia akan balik lagi setelah ada hasil, jadi kita untuk Pilkades sekarang tidak diperlukan pejabat sementara,” ujar H. Nuryadin selaku kepela bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sumedang usai kegiatan Ngopi Bareng Ala APDESI sambil Diskusi Perbup Nomor 133 Tahun 2020 di Ruang Rapat Minggon Desa Mandalaherang Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Rabu, 20 Januari 2021.

Baca Juga  Warga Paseh, Salurkan Donasi Bagi Korban Longsor Cimanggung

Lebih lanjut dia menyebutkan jika tidak ada aral melintang, pihaknya saat ini tengah merancang peraturan bupati berkaitan dengan tahapan Pilkades Serentak 2021.

“Dan sesuai dengn aturan Perda kita, bahwa Perda No 6 Taun 2014 tentang desa. Bahwa enam bulan sebelum habis masa jabatan BPD berkewajiban memberikan surat kepada kepala desa yang habis jabatan,” imbuhnya.

Baca Juga  Ini Hasil Lengkap Pilkades Serentak di Kecamatan Darmaraja

Sehingga lanjut Nuryadin, jika merujuk hal itu enam bulan sebelumnya habisnya kepala desa pada 9 November 2021. Sehingga diperkirakan tahap awal pada Mei 2021 mulai persiapan pembentukan panitia.

“Dan diperkirakan hari H pencoblosan itu di bulan September. Nah waktunya nanti akan keluar SK Bupati tanggal berapa tahapanya, seperti apa. Dan inshaallah pas tanggal 5 November nanti itu diadakan pelantikan. Itu rencana kita untuk taun 2021,” tandas Nuryadin. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Sinergi Tokoh Adat dan Budaya Sukseskan Pemilu Damai

Pilihan Redaksi

Jurnalis Sumedang yang Akan Ikut Jumpa Pers Covid-19 di Thermoscan

Pilihan Redaksi

Polres Sumedang Gelar Nobar Film “22 Menit”

Pilihan Redaksi

Jalan Poros Sukasari – Lembang, jadi Program Unggulan Doamu Esa

Pilihan Redaksi

DR Terancam Hukuman Maksimal 20 Tahun Bui

Pilihan Redaksi

Enggan Ditertibkan, Petani KJA Minta Beraudensi dengan Pemda Sumedang

SUMEDANG

Rumah Bu Dosen Terbakar, Kerugian Hingga Ratusan Juta

PENDIDIKAN

Pelantikan Kepengurusan AKSI 2019 Akan Dilantik Februari 2020