Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 20 Jan 2021 19:46 WIB ·

Pastikan Kebutuhan Dasar Terpenuhi, Bupati Sumedang Tinjau Posko Pengungsian Korban Longsor Cimanggung

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat melakukan peninjauan ke Posko Pengungsian di Taman Burung Perumahan SBG Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Rabu, 20 Januari 2021.

SUMEDANGONLINE/HO-DISKOMINFOSANDITIK SUMEDANG TINJAU: Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat melakukan peninjauan ke Posko Pengungsian di Taman Burung Perumahan SBG Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Rabu, 20 Januari 2021.

CIMANGGUNG – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir melakukan peninjauan ke Posko Pengungsian di Taman Burung Perumahan SBG Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Rabu, 20 Januari 2021.

“Peninjauan lokasi pengungsian ke zona 2 di Taman Burung perumahan SBG ini. Ingin memastikan bahwa kebutuhan pengungsi telah terpenuhi baik kebutuhan dasarnya, makanannya, airnya, kesehatannya, sarana prasarana protokol kesehatan dan juga disini telah disiapkan free wifi supaya pengungsi merasa lebih nyaman,” ujar Dony Ahmad Munir dalam keterangannya. Rabu, 20 Januari 2021.

Disebutkan dia, untuk kebutuhan sarana dan prasarana bagi para korban longsor di Cimanggung saat ini sudah terpenuhi.

“Dan diharapkan untuk warga yang ada di zona merah harus siap untuk di relokasi karena mengingat konstur tanahnya sangat labil,” imbuhnya.

Baca Juga  SIM Palsu, Kasat Lantas Minta Warga Ikut Prosuder

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman menyebutkan Pemerintah Kabupaten Sumedang telah menyiapkan dua skema berkaitan dengan relokasi warga terdampak longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung.

Skema pertama relokasi akan terpusat dengan menyediakan lahan di Desa Tegalmanggung hanya saja lokasi ini terkendala dengan jarak yang terbilang jauh.

“Kami sudah cek koordinatnya tanah milik desa. Tentu nanti ada proses tukar guling karena tanah milik desa harus diganti. Nanti pembangunan rumahnya, juga fasos fasumnya akan dibackup Kementerian PU dan BNPB itu skema satu,” ujar Herman Suryatman.

Herman pun menyiapkan skema ke-dua, yakni dengan berkolaborasi dengan Asosiasi Perumahan Nasional (Asprumnas) yang menyediakan Perumahan El Hago di Cilembu Pamulihan.

Baca Juga  Ketua Hiwapa Tantang KPK Berani Usut Dugaan Kasus Pasar Sandang Sumedang

“Di sana ada 200 kapling sehingga kalo yang 131 KK dialihkan ke sana sangat dimungkinkan. Konsekwensinya apabila melihat standar biaya pembangunan, sekitar Rp. 150 juta (per unit) termasuk di dalamnya sudah ada Fasos dan Fasum,” terangnya.

Pihaknya juga akan mencoba menganalisis skema mana yang akan dipilih untuk merelokasi dan diusulkan ke pemerintah pusat.

Sebagai informasi akibat dari musibah tanah longsor tersebut terdapat 131 Kepala Keluarga harus direlokasi yaitu 41 KK dari Zona 1 Bojongkondang dan 90 KK dari Zona 2 Perum SBG. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Disparbudpora dan DPMPTSP Sosialisai OSS ke Pengelola ODTW di Sumedang

27 Januari 2022 - 17:25 WIB

Sebanyak 25 pengelola object daya tarik wisata (ODTW) di Kabupaten Sumedang mendapat sosialisasi Online Single Submission (OSS). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dan DPMPTSP Kabupaten Sumedang di Objek Wisata Pangjugjugan Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan. Kamis, 27 Januari 2021.

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG