Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 27 Jan 2021 22:27 WIB ·

Sumedang Berencana Beli Motor Listrik untuk Pengangkut Sampah

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Angkutan sampah bertenaga listrik buatan China diproduksi perusahaan swasta di Jawa Tengah di ujicoba di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang. Rabu, 27 Januari 2021.

SUMEDANGONLINE/IWAN RAHMAT UJICOBA: Angkutan sampah bertenaga listrik buatan China diproduksi perusahaan swasta di Jawa Tengah di ujicoba di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang. Rabu, 27 Januari 2021.

DLHK – Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang berencana membeli kendaraan motor listrik buatan China yang diproduksi perusahaan swasta dari Jawa Tengah.

Alasan pembelian motor listrik tersebut, dikatakan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah pada Kantor DLHK Kabupaten Sumedang Tatang Muchidin agar pihaknya menyediakan alat angkut yang ramah lingkungan.

“Dengan angkutan sampah berbasis tenaga listrik itu, akan lebih jauh mengurangi emisi gas buang. Sehingga tujuan kita, pemberdayaan sampah ramah lingkungan bisa tercapai,” ujar Tatang pada SUMEDANGONLINE di Kantor DLHK Kabupaten Sumedang. Rabu, 27 Januari 2021.

Baca Juga  [RAPAT PARIPURNA DPRD] Fraksi PKB Soroti Kinerja SDM PDAM Tirta Medal

Selain itu sebut dia, secara ekonomis motor listrik lebih irit dari segi bahan bakar sehingga bisa menghemat biaya hingga 70 persen.

“Kalau kita hitung hitung perbandingan dari segi pembiayaan ternyata angkutan sampah bertenaga listrik ini bisa menghemat angaran sampai 70 persen. Hitungannya adalah kalau kita menggunakan angkutan berbahan minyak satu hari itu menghabiskan dan mengkomsumsi bahan bahan minyak pertamax sebanyak 2 liter. Semebtara kalau pakai listrik menurut perusahaan yang tadi memaparkan itu diperlukan 3 KwH saja,” imbuhnya.

Baca Juga  Tol Sudah Dibangun Masih Ada yang Belum Dibayar, Titus: KJPP Harus Dengarkan Keluhan Warga

Meski demikian, sebelum pihaknya memutuskan untuk membeli produk tersebut. DLHK akan melakukan ujicoba kendaraan tersebut selama satu bulan.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Titus Diah menyebutkan pihaknya merespon positif keinginan DLHK Kabupaten Sumedang yang akan mengganti kendaraan dari bahan bakar menjadi tenaga listrik.

“Kami sangat merespon dan mengapresiasi serta mendorong kepada pemerintah karena ini adalah salah satu solusi (ramah lingkungan). Yang memang mudah mudahan bisa lebih baik untuk Sumedang,” pungkasnya. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 79 kali

Baca Lainnya

Disparbudpora dan DPMPTSP Sosialisai OSS ke Pengelola ODTW di Sumedang

27 Januari 2022 - 17:25 WIB

Sebanyak 25 pengelola object daya tarik wisata (ODTW) di Kabupaten Sumedang mendapat sosialisasi Online Single Submission (OSS). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dan DPMPTSP Kabupaten Sumedang di Objek Wisata Pangjugjugan Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan. Kamis, 27 Januari 2021.

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG