Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Rabu, 27 Januari 2021 - 22:27 WIB

Sumedang Berencana Beli Motor Listrik untuk Pengangkut Sampah

Angkutan sampah bertenaga listrik buatan China diproduksi perusahaan swasta di Jawa Tengah di ujicoba di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang. Rabu, 27 Januari 2021.

SUMEDANGONLINE/IWAN RAHMAT UJICOBA: Angkutan sampah bertenaga listrik buatan China diproduksi perusahaan swasta di Jawa Tengah di ujicoba di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang. Rabu, 27 Januari 2021.


DLHK – Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang berencana membeli kendaraan motor listrik buatan China yang diproduksi perusahaan swasta dari Jawa Tengah.

Alasan pembelian motor listrik tersebut, dikatakan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah pada Kantor DLHK Kabupaten Sumedang Tatang Muchidin agar pihaknya menyediakan alat angkut yang ramah lingkungan.

“Dengan angkutan sampah berbasis tenaga listrik itu, akan lebih jauh mengurangi emisi gas buang. Sehingga tujuan kita, pemberdayaan sampah ramah lingkungan bisa tercapai,” ujar Tatang pada SUMEDANGONLINE di Kantor DLHK Kabupaten Sumedang. Rabu, 27 Januari 2021.

Baca Juga  Dinkes Sumedang Sebut Vaksinasi untuk Pelajar Sudah Dimulai

Selain itu sebut dia, secara ekonomis motor listrik lebih irit dari segi bahan bakar sehingga bisa menghemat biaya hingga 70 persen.

“Kalau kita hitung hitung perbandingan dari segi pembiayaan ternyata angkutan sampah bertenaga listrik ini bisa menghemat angaran sampai 70 persen. Hitungannya adalah kalau kita menggunakan angkutan berbahan minyak satu hari itu menghabiskan dan mengkomsumsi bahan bahan minyak pertamax sebanyak 2 liter. Semebtara kalau pakai listrik menurut perusahaan yang tadi memaparkan itu diperlukan 3 KwH saja,” imbuhnya.

Baca Juga  Resmi, Pemerintah Buka Pendaftaran 19.210 CPNS

Meski demikian, sebelum pihaknya memutuskan untuk membeli produk tersebut. DLHK akan melakukan ujicoba kendaraan tersebut selama satu bulan.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Titus Diah menyebutkan pihaknya merespon positif keinginan DLHK Kabupaten Sumedang yang akan mengganti kendaraan dari bahan bakar menjadi tenaga listrik.

“Kami sangat merespon dan mengapresiasi serta mendorong kepada pemerintah karena ini adalah salah satu solusi (ramah lingkungan). Yang memang mudah mudahan bisa lebih baik untuk Sumedang,” pungkasnya. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Camat Tomo, Asep Tatang Junaedi saat menyerahkan secara simbolis Bansos Tunai 2020 dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Jumat, 29 Mei 2020.

Pilihan Redaksi

Tomo Sumedang Dapat Tambahan Bantuan 729 dari Kemensos
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melantik lima kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020 di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jumat (26/2/2021).

Bandung Raya

Lima Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak 2020 di Jabar Resmi Dilantik

Pilihan Redaksi

Ketua DPRD Sumedang Apresiasi Pementasan Seni Paguyuban Sukma Sajati

Pilihan Redaksi

Longsor susulan Cimareme, sudah diprediksi BMKG
Peresmian serentak 23 rumah tidak layak huni Program Polres Sumedang dan Baznas Kabupaten Sumedang. Selasa, 8 Desember 2020.

Halo Polisi

Kapolres Resmikan 23 Rutilahu di Cisarua dari Program Polres Sumedang

SUMEDANG

Satu Tahun Sumedang Simpati, Dandim Apresiasi Kinerja Pemda
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar Noneng Komara Nengsih dalam acara Road to Indonesia Investment Day di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Selasa (29/9/20).

Pilihan Redaksi

Meski Pandemi, Jabar Tetap Jadi Suaka Menarik Bagi Investor

PENDIDIKAN

Keren SMPN 5 Sumedang Gunakan Smartphone untuk Ulangan Harian