Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 10 Agu 2021 19:47 WIB ·

Kemenag Sumedang: Mulai Agustus 2021, Kartu Nikah Diberikan dalam Bentuk Digital

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: REDAKSI

Kasi Bimas Islam Kantor pada Kemenag Kabupaten Sumedang, Sjamsuridjal pada SUMEDANGONLINE di ruang kerjanya. Senin, 10 Agustus 2021.

IWAN RAHMAT/SO KARTU NIKAH DIGITAL: Kasi Bimas Islam Kantor pada Kemenag Kabupaten Sumedang, Sjamsuridjal pada SUMEDANGONLINE di ruang kerjanya. Senin, 10 Agustus 2021.

SUMEDANGONLINE, Sumedang: Pemerintah telah menghentikan Kartu Nikah dalam bentuk cetak, dan selanjutnya untuk pasangan pengantin baru akan mendapatkan Kartu Nikah dalam bentuk digital. Penerapan Kartu Nikah Digital mulai diberlakukan pada Agustus 2021.

Kartu Nikah yang pernah digulirkan pada Tahun 2019 dan mulainya di kabupaten pada tahun 2020. Sekarang untuk mempermudah pelayanan pada masyarakat Kartu Nikah itu digunakan dengan bukan berbentuk fisik tapi menggunakan digital,” ujar Kasi Bimas Islam Kantor pada Kemenag Kabupaten Sumedang, Sjamsuridjal pada SUMEDANGONLINE di ruang kerjanya. Senin, 10 Agustus 2021.

Sehingga sebut dia, setiap calon pengantin (catin) dapat mengakses di setiap Kantor Urusan Agama (KUA) yang baru nikah, maupun yang nikahnya sudah lama dapat mengaksesnya di KUA. “Jadi melalui email di KUA. Dan di KUA-KUA yang sudah terintegrasi datanya dengan Casnip. Hampir 100 persen KUA KUA itu sudah menggunakan aplikasi SIMKAH (Sistem Informasi Manajemen Nikah). Jadi nanti si Catin kalau sudah melakukan perkawinan dia bisa mengisi formulir pendaftaran nikah melalui Simkah Web dengan alamat https://simkah.kemenag.go.id/” imbuhnya.

Baca Juga  Seratusan Masyarakat Adat Sumedang Larang mendapat pelatihan Paralegal

Selanjutnya pasangan catin harus mengisi data-data dengan lengkap termasuk nomor telepon dan alamat, email yang masih aktif. “Jadi setelah pasangan pengantin rampung melaksanakan nikah. Kartu Nikah Digital akan dikirim melalui email, dan nomor WhatsApp nya yang telah didaftarkan melalui Simkah. Jadi nanti Kartu Nikah Digital akan dikirimkan dalam bentuk tautan atau link ke email atau WhatsApp,” jelas dia.

Baca Juga  Ini Harapan Bupati New Normal di Sumedang, Rakyat Produktif Aman dari Covid

Sementara untuk pasangan yang sudah lama menikah, dan ingin mendapatkan Kartu Nikah Digital tinggal datang ke Kantor KUA tempat menikah. Selanjutnya sebut Sjamsuridjal data pernikahan akan dimasukan ke dalam web Sistem Informasi Manajemen Nikah.

“Selanjutnya Kartu Nikah Digital akan dikirim melalui email dalam bentuk soft file,” demikian Sjamsuridjal. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 162 kali

Baca Lainnya

Disparbudpora dan DPMPTSP Sosialisai OSS ke Pengelola ODTW di Sumedang

27 Januari 2022 - 17:25 WIB

Sebanyak 25 pengelola object daya tarik wisata (ODTW) di Kabupaten Sumedang mendapat sosialisasi Online Single Submission (OSS). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dan DPMPTSP Kabupaten Sumedang di Objek Wisata Pangjugjugan Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan. Kamis, 27 Januari 2021.

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG