Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 10 Agu 2021 19:47 WIB

Kemenag Sumedang: Mulai Agustus 2021, Kartu Nikah Diberikan dalam Bentuk Digital

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Redaksi


 Kasi Bimas Islam Kantor pada Kemenag Kabupaten Sumedang, Sjamsuridjal pada SUMEDANGONLINE di ruang kerjanya. Senin, 10 Agustus 2021. Perbesar

Iwan Rahmat/SO/SUMEDANG ONLINE
Kasi Bimas Islam Kantor pada Kemenag Kabupaten Sumedang, Sjamsuridjal pada SUMEDANGONLINE di ruang kerjanya. Senin, 10 Agustus 2021.

SUMEDANGONLINE, Sumedang: Pemerintah telah menghentikan Kartu Nikah dalam bentuk cetak, dan selanjutnya untuk pasangan pengantin baru akan mendapatkan Kartu Nikah dalam bentuk digital. Penerapan Kartu Nikah Digital mulai diberlakukan pada Agustus 2021.

Kartu Nikah yang pernah digulirkan pada Tahun 2019 dan mulainya di kabupaten pada tahun 2020. Sekarang untuk mempermudah pelayanan pada masyarakat Kartu Nikah itu digunakan dengan bukan berbentuk fisik tapi menggunakan digital,” ujar Kasi Bimas Islam Kantor pada Kemenag Kabupaten Sumedang, Sjamsuridjal pada SUMEDANGONLINE di ruang kerjanya. Senin, 10 Agustus 2021.

Sehingga sebut dia, setiap calon pengantin (catin) dapat mengakses di setiap Kantor Urusan Agama (KUA) yang baru nikah, maupun yang nikahnya sudah lama dapat mengaksesnya di KUA. “Jadi melalui email di KUA. Dan di KUA-KUA yang sudah terintegrasi datanya dengan Casnip. Hampir 100 persen KUA KUA itu sudah menggunakan aplikasi SIMKAH (Sistem Informasi Manajemen Nikah). Jadi nanti si Catin kalau sudah melakukan perkawinan dia bisa mengisi formulir pendaftaran nikah melalui Simkah Web dengan alamat https://simkah.kemenag.go.id/” imbuhnya.

Selanjutnya pasangan catin harus mengisi data-data dengan lengkap termasuk nomor telepon dan alamat, email yang masih aktif. “Jadi setelah pasangan pengantin rampung melaksanakan nikah. Kartu Nikah Digital akan dikirim melalui email, dan nomor WhatsApp nya yang telah didaftarkan melalui Simkah. Jadi nanti Kartu Nikah Digital akan dikirimkan dalam bentuk tautan atau link ke email atau WhatsApp,” jelas dia.

Sementara untuk pasangan yang sudah lama menikah, dan ingin mendapatkan Kartu Nikah Digital tinggal datang ke Kantor KUA tempat menikah. Selanjutnya sebut Sjamsuridjal data pernikahan akan dimasukan ke dalam web Sistem Informasi Manajemen Nikah.

“Selanjutnya Kartu Nikah Digital akan dikirim melalui email dalam bentuk soft file,” demikian Sjamsuridjal. ***

Artikel ini telah dibaca 186 kali

Baca Lainnya

Di Pasir Landak Sumedang Ditemukan Batu Columnar Joint yang Timbulkan Nada Unik

23 Juni 2024 - 04:37 WIB

Kepala Bidang Kebudayaan, Moh. Budi Akbar, saat meninjau langsung batu columnar joint di Pasir Landak di Desa Nagrak, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang.

Kesenian Abad XV, Terbang Buhun Pusaka Karuhun Masih Tetap Eksis

22 Juni 2024 - 04:55 WIB

Penampilan Grup Seni Terbang Buhun Pusaka Karuhun saat pentas di Acara Ngabungbang. Kamis, 20 Juni 2024 malam.

Melalui Program SAMAWANA, Pj. Bupati Sumedang Sumbang Bibit Ayam Ternak

22 Juni 2024 - 03:43 WIB

Yudia Ramli selaku Pj. Bupati Sumedang menyerahkan langsung bibit ayam ternak tersebut saat saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Cimalaka. Jum'at (21/6/2024).

Pj Bupati Sumedang Puji Program SAMAWANA, Berharap Dapat Diikuti Kecamatan Lainnya

21 Juni 2024 - 20:26 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat meninjau pengelolaan perkebunan pisang di Desa Cibeureum Wetan, Kecamatan Cimalaka dalam program Sehari Bersama Warga nu Nyata Mangpaatna (SAMAWANA). Jumat (21/6/2024).

Peringatan 2 Tahun SCC, Diisi Pasar Seni Ekonomi Kreatif Sumedang 2024

21 Juni 2024 - 15:21 WIB

Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-2 Gedung Sumedang Creative Center (SCC). Kamis, 20 Juni 2024.

Pj Bupati Sumedang, Apresiasi Kinerja Satpol PP, Satlinmas dan Damkar

20 Juni 2024 - 16:24 WIB

Seremonial Pemusnahan Rokok Ilegal dan Minuman mengandung ethil Alkohol di Lapang Upacara Pusat Pemerintahan Sumedang. Kamis, 20 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG