Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 19 Jan 2022 21:21 WIB ·

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

Reporter: Redaksi | Editor: Redaksi


 H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda. Perbesar

Tangkapan Layar Youtube Keraton Sumedang Larang/SUMEDANG ONLINE
H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

SUMEDANGONLINE, Sumedang: Buntut pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda pada saat rapat menuai kontra dari para budayawan Jawa Barat, termasuk dari Kabupaten Sumedang.

Keraton Sumedang Larang melalui kanal Youtube Karaton Sumedang Larang Official menayangkan pernyataan sikap resminya yang disampaikan H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang.

“Kami dari Keraton Sumedang Larang menyampaikan kritik keras atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Saudara Arteria Dahlan yang meminta Kajati pada saat rapat memakai bahasa Sunda supaya diganti. Menurut kami pernyataan Arteria Dahlan tersebut sangat berlebihan dan menyinggung perasaan dan kehormatan orang Sunda. Menurut kami bahasa Sunda, adalah komponen budaya Bangsa Indonesia yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu,” ujar H.R.I Lukman Soemadisoeria seperti dikutip dari laman akun tersebut.

Selain diminta meminta maaf pada masyarakat Sunda, Keraton Sumedang Larang pun mengimbau pada Ketua Umum PDI Perjuangan untuk memberikan sanksi tegas pada Arteria Dahlan yang telah melakukan tindakan yang dinilainya rasis.

“Jadi kami mengimbau pada saudara Arteria Dahlan, sebaiknya anda meminta maaf pada masyarakat Sunda dimana pun berada dan kami mengimbau juga kepada Ketua Umum PDI Perjuangan supaya melakukan tindakan tegas sesuai dengan pelanggaran yang dibuatnya karena kami menganggap terlalu rasialis,” pungkas dia. ***

Artikel ini telah dibaca 242 kali

Baca Lainnya

Pj Bupati Sumedang Puji Program SAMAWANA, Berharap Dapat Diikuti Kecamatan Lainnya

21 Juni 2024 - 20:26 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat meninjau pengelolaan perkebunan pisang di Desa Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimalaka dalam program Sehari Bersama Warga nu Nyata Mangpaatna (SAMAWANA). Jumat (21/6/2024).

Peringatan 2 Tahun SCC, Diisi Pasar Seni Ekonomi Kreatif Sumedang 2024

21 Juni 2024 - 15:21 WIB

Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-2 Gedung Sumedang Creative Center (SCC). Kamis, 20 Juni 2024.

Pj Bupati Sumedang, Apresiasi Kinerja Satpol PP, Satlinmas dan Damkar

20 Juni 2024 - 16:24 WIB

Seremonial Pemusnahan Rokok Ilegal dan Minuman mengandung ethil Alkohol di Lapang Upacara Pusat Pemerintahan Sumedang. Kamis, 20 Juni 2024.

Peringatan HUT SatpolPP di Sumedang, Rokok Ilegal dan Miras Dimusnahkan Kerugian Negara Tembus Rp12 M

20 Juni 2024 - 16:09 WIB

Seremonial Pemusnahan Rokok Ilegal dan Minuman mengandung ethil Alkohol di Lapang Upacara Pusat Pemerintahan Sumedang. Kamis, 20 Juni 2024.

Kemasan Daging Kurban di Sumedang Pakai Bongsang Tahu

18 Juni 2024 - 22:44 WIB

Bongsang Tahu jadi alat kemasan Daging Kurban di Masjid Agung Sumedang.

Ayi: Baznas Sumedang Masih Terima Titipan Hewan Kurban

13 Juni 2024 - 18:17 WIB

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ayi Subhan Hafas
Trending di SUMEDANG