Pilihan Redaksi, WISATA

Imbas Banjir di Buahdua Sumedang, Situ Biru Cilembang Tutup Sementara

Penulis: Fitriyani Gunawan | Editor: Fitriyani Gunawan
Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto beserta jajaran melaksanakan pengecekan TKP Jalan Amblas di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang, Kamis 17 Maret 2022.
Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto beserta jajaran melaksanakan pengecekan TKP Jalan Amblas di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang, Kamis 17 Maret 2022. | FOTO: Fitriyani Via Humas Polres Sumedang

SUMEDANG ONLINE – Pemerintah Desa Hariang, Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang menutup sementara kawasan wisata Situ Biru Cilembang.

Hal itu lantaran sebagaian besar fasilitas yang ada di Desa Hariang tertutup genangan air yang meluam dari sungai Cikandung.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

“Ini kejadiannya Selasa (15/3/2022) sekitar pukul 03.00 dini hari. Sampai sekarang kondisinya masih terendam,” kata Kepala Desa Hariang, Karma Adi. Kamis (17/3/2022).

Baca Juga  Camat Tanjungsari Pastikan Tak Ada Penari Umbul yang Meninggal

Dikatakan dia sejumlah fasilitas yang saat ini masih tergenang, yakni mushola, kolam renang, toilet, dan warung-warung warga.

Selain itu, air juga masih menutupi akses menuju danau Situ Biru, yang mejadi ikon objek wisata tersebut.

Baca Juga  Ribuan Warga Sumedang, Hadiri Tablig Akbar, HUT Bhayangkara Polres Sumedang

“Untuk Situ Biru-nya sendiri kami belum tahu bagaimana keadaannya, karena jalan yang jadi akses ke sana pun ikut tergenang. Kami belum berani ke sana,” ucapnya.

Selain merendam objek wisata, banjir juga merendam areal persawahan di sekitarnya. Kemudian, jalan masuk ke lokasi wisata juga banyak terjadi patahan, diduga karena tanah bergerak.

Baca Juga  Sumedang Berencana Beli Motor Listrik untuk Pengangkut Sampah

“Tebing setinggi 60 meter di samping Situ Biru juga longsor. Material longsor berupa bebatuan besar,” ucapnya.

Atas musibah ini, pihak desa menutup sementara objek wisata Situ Biru Cilembang, dan sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD. ***

Tinggalkan Balasan