Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir saat meninjau Blok Haurpapak Jalan Cisumur-Nanggerang di Kecamatan Surian, Kabupaten Sumedang. Kamis (14/7/2022).

Iwan Rahmat via Humas Setda Sumedang/SUMEDANG ONLINE

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir saat meninjau Blok Haurpapak Jalan Cisumur-Nanggerang di Kecamatan Surian, Kabupaten Sumedang. Kamis (14/7/2022).

Setengah Miliar Untuk Perbaikan Jalan Blok Haurpapak

SUMEDANG ONLINE – Pergeseran tanah di Blok Haurpapak Jalan Cisumur-Nanggerang di Kecamatan Surian, Kabupaten Sumedang menyebabkan kerusakan parah.

Laporan kerusakan jalan tersebut ditanggapi Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dengan bergerak cepat meninjau secara langsung ke lokasi, Kamis (14/7/2022).

Bupati Dony menyampaikan, jalan Blok Haurpapak memang selalu terjadi gerakan tanah sehingga sering kali mengalami kerusakan.

“Kejadian ini merupakan kali kedua karena sebelumnya sudah dilakukan upaya pemindahan jalan untuk menghindari pergeseran tanah, namun hasilnya sama,” kata Bupati.

Ia menerangkan, sebelumnya ruas jalan yang berada di atas, dipindahkan ke bawah karena longsor. Akan tetapi di jalan yang baru pun terjadi pergerakan tanah

“Kita akan terus perbaiki. Tahun ini kita anggarkan Rp. 500 juta untuk jalan yang terkena gerakan tanah ini,” tuturnya.

Dikatakan bupati, upaya penanganan jalan di blok Haurpapak diperlukan upaya khusus agar bertahan dalam jangka panjang.

“Untuk mengatasi pergerakan tanah, akan ada both side plate dan jalan akan ditinggikan sehingga bertahan jangka panjang,”ungkapnya.

Sementara itu, Sekdis PUTR Sonny Nurgahara menyampaikan, setelah survei ke beberapa titik lokasi, kondisi beberapa ruas jalan di Kecamatan Surian hampir 80 persen dalam kondisi rusak.

“Sesuai instruksi bupati kepada Dinas PUTR, ruas jalan ini diperbaiki di tahun ini melalui anggaran perubahan, termasuk melakukan penanganan perbaikan ruas jalan di blok Haurpapak,” katanya.

Sebagaimana disampaikan Bupati, rencana anggarannya kurang lebih Rp. 500 juta juga akan ditambah di APBD perubahan untuk perbaikan ruas jalan di blok segmen lainnya.

“Mudah-mudahan bisa membantu  perbaikan kerusakan jalan di Cisumur-Nangerang. Sesuai janji Pak Bupati kepada pihak masyarakat, insyaallah tahun ini selesai,” pungkasnya. ***