Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi saat berkunjung ke Bazar UMKM di Alun-Alun Sumedang. Senin 3 April 2023.

Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi saat berkunjung ke Bazar UMKM di Alun-Alun Sumedang. Senin 3 April 2023.

Ineu Optimistis UMKM Sumedang dapat Bangkit Pasca Pandemi

SUMEDANGONLINEWakil Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi, mengaku optimistis produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Sumedang dapat bangkit pasca pandemi Covid-19.

“Saya berharap pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi dalam rangka kebangkitan pasca pandemi. UMKM bisa menjadi yang utama bisa bangkit kembali pasca pandemi ini,” ujar Ineu Purwadewi saat melaksanakan acara Ngabuburit di Alun-Alun Sumedang. Senin 3 April 2023.

Menanggapi produk produk UMKM di Bazar UMKM Kabupaten Sumedang, Ineu optimistis dapat bersaing dengan produk UMKM sejenis di kabupaten lainnya. Apalagi, lanjutnya produk UMKM di Kabupaten Sumedang terus melakukan inovasi.

“Luar biasa ya UMKM semakin maju, kemudian juga teman teman makin menginovasi produknya. Karena saya lihat seperti kain batik sekarang sudah ada batik print, teman teman sudah bisa melakukan inovasi,” sebut Ineu Purwadewi yang menyempatkan juga membeli beberapa produk batik print Kabupaten Sumedang.

Dari sisi kuliner pun, Ineu Purwadewi mengaku citarasa makanan yang dijajakan para UMKM tak kalah enak dengan rumah makan terkenal.

“Terus juga saya lihat banyak makanan makanan di sini dan tidak kalah rasanya dengan rumah makanan,” imbuhnya.

Meski demikian masih ada kendala klasik dari para pelaku UMKM terkait dengan pemasaran dan permodalan.

“Banyak juga masukan dari teman teman UMKM selain harus membikin pemasaran, modal, tentunya akses untuk bisa lebih memperkenalkan produk produk UMKM ke masyarakat. Saya yakin produk produk UMKM Sumedang tidak kalah dengan produk UMKM di Kabupaten yang lain,” pungkas dia.

Sebagai informasi selain bertandang ke stand stand UMKM di Alun Alun Sumedang, Ineu didampingi Anggota DPRD Sumedang, Asep Roni, juga membagikan takjil gratis pada para pengunjung. ***