Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Sumedang menggelar kegiatan monitoring, evaluasi serta pembinaan kepada agen Perisai di kantor BPJS Ketenagakerjaan Sumedang, Jalan Prabu Gajah Agung No.79, Karapyak, Situ Kecematan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang Jawa Barat 45621, Selasa (8/8).

Istimewa/SUMEDANG ONLINE

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Sumedang menggelar kegiatan monitoring, evaluasi serta pembinaan kepada agen Perisai di kantor BPJS Ketenagakerjaan Sumedang, Jalan Prabu Gajah Agung No.79, Karapyak, Situ Kecematan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang Jawa Barat 45621, Selasa (8/8).

BPJamsostek Sumedang Gelar Rapat Evaluasi Pembinaan Bersama Agen Perisai

SUMEDANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Sumedang menggelar kegiatan monitoring, evaluasi serta pembinaan kepada agen Perisai di kantor BPJS Ketenagakerjaan Sumedang, Jalan Prabu Gajah Agung No.79, Karapyak, Situ Kecematan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Selasa (8/8/2023).

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Sumedang Rita Mariana, memberikan sambutan dan arahan kepada 50 orang agen penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai) yang merupakan perpanjangan tangan dari BPJS Ketenagakerjaan dan bertugas untuk mengedukasi, mensosialisasi, serta memberikan pemahaman program BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat luas khususnya di Kabupaten Sumedang.

“Kami tentu punya keterbatasan dari jumlah karyawan dilihat dari luas wilayah kabupaten Sumedang yang meliputi banyak desa dan kecamatan, maka kalau sosialisasi dan edukasi  hanya dilakukan oleh karyawan BPJS Ketenagakerjaan saja akan tidak maksimal hasilnya untuk pencapaian dari cakupan wilayah dan jumlah karyawan kami,” ujarnya saat wawancara usai kegiatan.

Lebih lanjut dikatakan, dengan hadirnya para agen Perisai ini, BPJS Ketenagakerjaan Sumedang berupaya untuk lebih memperluas cakupan kepesertaan agar masyarakat terlindungi dan manfaat yang dirasakan lebih merata bagi masyarakat.

“Program ini diharapkan dapat menjangkau para pekerja di seluruh pelosok Kabupaten Sumedang,” katanya.

Dalam kesemapatan itu, Kepala Bidang Kepesertaan, Moch. Rifi Januar N, menegaskan tentang kegiatan ini merupakan kegiatan monitoring evaluasi dan pembinaan guna memberikan sosialisasi serta pembinaan kepada para agen Perisai di Sumedang.

“Kami membutuhkan Perisai untuk ikut mensosialisasikan program pemerintah dalam hal perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, serta bagaimana agar seluruh masyarakat dapat paham dan menyadari pentingnya jaminan sosial bagi tenaga kerja baik informal maupun tenaga kerja formal bagi seluruh masyarakat di Sumedang.” katanya.

Rifi berharap dukungan dari para agen Perisai untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan semangat dalam mengakuisisi kepesertaan dan melayani seluruh tenaga kerja yang telah jadi peserta dan sudah menjadi bagian dari Perisai.

“Kami mengapresiasi perkembangan Perisai ini dan kontribusinya memberikan sumbangsih besar kepada kami,” katanya.

“Tujuan kami tentu harus selalu sejalan dengan para agen Perisai untuk bisa terus mengakuisisi atau melindungi seluruh tenaga kerja baik sektor pekerja bukan penerima upah dan pekerja penerima upah melalui program BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Rifi berharap dukungan Perisai untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan semangat dalam mengakuisisi kepesertaan dan melayani para tenaga kerja yang sudah menjadi bagian dari Perisai.

“Kami mengapresiasi perkembangan Perisai ini dan kontribusinya memberikan sumbangsih besar kepada kita,” tutupnya. ***