12 Des 2023 14:49 WIB | PENULIS: Fitriyani Gunawan | EDITOR: Fitriyani Gunawan
Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Sumedang menggelar pembekalan bagi para Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan Kecamatan se- Kabupaten Sumedang dengan tema Merawat Kebhinekaan Dalam Bingkai NKRI di Hotel Hanjuang Hegar Sumedang. Selasa, 12 Desember 2023.
Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE
Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Sumedang menggelar pembekalan bagi para Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan Kecamatan se- Kabupaten Sumedang dengan tema Merawat Kebhinekaan Dalam Bingkai NKRI di Hotel Hanjuang Hegar Sumedang. Selasa, 12 Desember 2023.

SUMEDANG – Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Sumedang menggelar pembekalan bagi para Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan Kecamatan se- Kabupaten Sumedang dengan tema Merawat Kebhinekaan Dalam Bingkai NKRI di Hotel Hanjuang Hegar Sumedang. Selasa, 12 Desember 2023.

Kegiatan yang dibuka Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sumedang, menghadirkan para nara sumber dari Polres Sumedang serta keynote speaker mantan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir.

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Sumedang Muhammad Amin Muhyidin berharap dari adanya kegiatan tersebut dapat memberikan dorongan positif kepada seluruh peserta pembekalan.

“Dengan adanya rencana acara FPK untuk kedepannya untuk mempertahankan organisasi yang sudah terbentuk agar tidak terbentuk saja tetapi memberikan manfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sumedang Asep Tatang Sudjana menyebutkan kegiatan tersebut menjadi momen yang tepat apalagi saat ini menghadapi perhelatan Pemilu 2024.

“Sangat berharga sekali bagi kami Pemerintah Kabupaten Sumedang khususnya Badan Kesbangpol, karena kita punya tiga forum sategic diantaranya, adalah forum pembangunan, kemudian kewaspadaan ini sama kerukunan umat kaitan dengan fungsi strategi ini. Kalaupun tidak ada momen pemilu yang sekarang sedang berlangsung tugasnya sangat strategis karena membantu kita dalam menciptakan kondisi-kondusif ini,” ungkapnya.

Dirinya berharap dari adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilih nanti di pemilu 2024 untuk menyalurkan hak politiknya bisa mengedukasi agar masyarakat melakukan pemilihan yang tepat secara rasional memilih pemimpin- pemimpin yang amanah untuk mengedukasi mereka dan yang secara keseluruhan.

“Bagaimana apabila ini dilaksanakan kita akan bisa melestarikan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui forum kenegaraan tahapan Pemilu ini NKRI akan mendapatkan pimpinan. pemimpin-pemimpin yang amanah diantaranya dibantu oleh peran forum pembauran untuk mengedukasi masyarakat di Kabupaten,” jelas dia.

Mantan Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan Forum Pembauran Kebangsaan untuk menjadi keynote speaker bagaimana tentang merawat Kebhinekaan dalam bingkai NKRI.

“Jadi saya apresiasi kegiatan ini betul-betul semakin mendasar yang fundamental untuk menjaga keutuhan NKRI untuk merawat Kebhinekaan karena perbedaan kita harus menghormatinya, harus bisa menghargai beda pendapat tapi tujuannya sama, tujuan berbangsa dan bernegara. Untuk itulah dengan adanya Forum ini sangat bermanfaat untuk merekatkan antar suku, antar agama berbaur sebagai sebuah bangsa,” pungkas dia. ***

Install SUMEDANGONLINE MOBILE
| Advertorial