Sumedang Agrokraf Expo (SAE) 2023 di Lapangan Pemerintahan Pusat Sumedang. Rabu, 6 Desember 2023.

Iwan Rahmat Purnama/SUMEDANG ONLINE

Sumedang Agrokraf Expo (SAE) 2023 di Lapangan Pemerintahan Pusat Sumedang. Rabu, 6 Desember 2023.

SAE 2023 Upaya Disparbud Sumedang Bantu Petani Mangga Gedong Gincu

SUMEDANG – Penjabat Bupati Sumedang menjadi Narasumber Fasilitasi dan Intermediasi Pemasaran serta Permodalan Ekonomi Kreatif pada Sumedang Agrokraf Expo (SAE) 2023 di Lapangan Pemerintahan Pusat Sumedang. Rabu, 6 Desember 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Dinas Pariwisata kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumedang juga hadir dari para peserta Sumedang Agrokraf Expo.

“Hari ini bahagia bahwa bisa menampilkan gelar produk sebagai salah satu upaya-upaya langkah konkrit yang dilakukan oleh Disparbudpora terutama di ekonomi kreatif yang mudah-mudahan nanti ke depan ini sebagai perdana,” ujar Nandang Suparman selaku Kepala Dinas Pariwisata kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumedang.

Dia berharap kedepannya pihaknya bisa memberikan kontribusi terutama pada saat ini berkenaan dengan persoalan yang ada di kawasan Kaleci yaitu Desa Kadu, Cipicung, Cintajaya dan Lebaksiuh.

“Dimana buah mangga gincu ini sangat melimpah. Disatu sisi, ketika musim panen harga jatuh kemudian buah mangga tersebut banyak mubajir dan tidak dimanfaatkan. Dan hari ini merupakan solusi bagaimana buah- buah yang tidak termanfaatkan akibat busuk dan sebagainya, nanti kedepan tidak terjadi demikian. karena ada bahan olahan- olahan berbahan dari mangga gincu. Baik itu sirop, saos, wajit dan sebagainya. Yang mudah-mudahan kedepan tidak hanya bisa memberikan kontribusi bagi Kabupaten Sumedang, setidak-tidaknya bagi para petani mangga gincu para produk home industri yang ada di daerah wilayah kecamatan Jatigede khususnya,” ungkapnya.

Dia pun mengatakan kegiatan SAE 2023 merupakan awal dari penyelenggaraan kedepan yang lebih baik, dengan adanya kolaborasi dengan instansi yang lain.

“Kegiatan ini digelar yang pertama yaitu (SAE ) Sumedang Sumedang Agrokraf Expo 2023 yang mudah-mudahan ini sebagai pemanasan saja dan Insyaallah tahun 2024 akan dilaksanakan dengan kolaborasi dengan instansi yang lain di tempat yang berbeda. Berharap banyak bisa mengundang seluruh yang berkenaan dengan industri ekonomi kreatif yang ada di Sumedang kolaborasi dengan Kabupaten kota bahkan baik Provinsi dan pusat yang ada di Indonesia ini,” pungkas dia. ***