Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 11 Jun 2024 17:53 WIB ·

Masjid Besar di Kabupaten Sumedang Bakal Terima Bantuan Mimbar

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Yudia Ramli selaku Pj BupatiSumedang saat membuka acara talkshow yang digelar Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Aula Islamic Center Sumedang. Selasa (11/6/2024).
Perbesar

Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE
Yudia Ramli selaku Pj BupatiSumedang saat membuka acara talkshow yang digelar Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Aula Islamic Center Sumedang. Selasa (11/6/2024).

SUMEDANG – Sejumlah Masjid Besar di Kabupaten Sumedang akan menerima bantuan mimbar dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang. Bantuan tersebut, rencananya akan diberikan langsung Pj. Bupati Sumedang saat Upacara HUT Kemerdekaan RI, Agustus mendatang.

“Ini inisiatif kami, seluruh masjid besar di 26 kecamatan akan mendapatkan mimbar,” kata Yudia Ramli selaku Pj BupatiSumedang saat membuka acara talkshow yang digelar Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Aula Islamic Center Sumedang. Selasa (11/6/2024).

Pemberian bantuan tersebut, sebut Yudia, sebagai salahsatu manifestasi visi Sumedang Sejahtera, Agamis dan Demokratis (Sehati).

Pembuatan mimbar masjid ini akan menggunakan bahan dasar kayu Jati Sumedang dengan mengusung konsep bernuansa yang Islami dengan sentuhan ornamen kasumedangan berupa Mahkota Binokasih.

“Bahannya menggunakan kayu Jati dari Sumedang dan modelnya akan diseragamkan dengan ornamen Mahkota Binokasih sebagai ciri Sumedang,” ujarnya.

Untuk konsep designnya, lanjut Yudia, sudah didiskusikan dengan Dewan Kebudayaan Sumedang (DKS) dan beberapa ormas Islam. serta sudah mendapatkan rekomendasi MUI.

“Kami sudah diskusikan dengan DKS, NU, Persis dan Muhammadiyah. Bahkan MUI sudah memberikan rekomendasi bahwa design mimbar ini syar’i dan tidak menyalahi aturan,” ujarnya.

Dirinya berharap, melalui bantuan mimbar tersebut, program program pemerintah dapat tersampaikan kepada masyarakat.

“Saya berharap melalui mimbar masjid kegiatan pemda bisa tersampaikan dan ini sudah dilakukan dalam khutbah di beberapa mesjid khususnya terkait program penghapusan kemiskinan ekstrem,” pungkasnya. ***

Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

Ayi: Baznas Sumedang Masih Terima Titipan Hewan Kurban

13 Juni 2024 - 18:17 WIB

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ayi Subhan Hafas

Kemenag Sumedang Kembangkan Kampung Moderasi Beragama

13 Juni 2024 - 13:37 WIB

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan Kampung Moderasi Beragama di KabupatenSumedangTahun 2024 di Aula Gedung Sarana Penunjang Pendidikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Baznas dan PWRI Sumedang Luncurkan Progam Z-Smart

13 Juni 2024 - 13:29 WIB

PWRI dengan Baznas Kabupaten Sumedang meluncorkan program Z-Smart (Spiritial Motivation Fun Integrated) Pengajian Terpadu Riang Gembira di Aula Baznas Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Jelang Idul Adha, Baznas Sumedang Luncurkan Program Kurban Online

12 Juni 2024 - 20:24 WIB

Baznas Kabupaten Sumedang Kembali meluncurkan program kurban online jelang Idul Adha 1445 H.

Pj Bupati Sumedang Minta DPMPTSP Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

12 Juni 2024 - 19:54 WIB

Yudia Ramli selaku Pj Bupati Suedang saat melakukan monitoring sekaligus silaturahmi ke DPMPTSP Kabupaten Sumedang. Rabu (12/5/2024).

Kadinsos Sumedang Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional

11 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumedang menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2024 dengan tema "Lansia Sehat, Terawat, Mandiri dan Produktif" di Halaman Yayasan Handjuang Mekar Indonesia Dusun Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Selasa, 11 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG