Menu

Mode Gelap

DAERAH · 8 Nov 2011 12:30 WIB ·

Kwaran Jatinunggal, Implementasikan Hasil KMD

Reporter: Admin | Editor: Admin


 Kwaran Jatinunggal, Implementasikan Hasil KMD Perbesar

Ketua DKR Jatinunggal, Kab. Sumedang Photo Bareng Ketua Kwarda Jawa Barat

JATINUNGGAL – Untuk meningkatkan kualitas dan capabilitas para pembina gerakan pramua terutama para pembina siaga, penggalang dan penegak di Kwaran Jatinunggal akan menerapkan ketentuan dan standarisasi pembina pramuka hasil dari Kursus Mahir Dasar (KMD) Pembina Pramuka tingkat Nasional yang berlangsung beberapa waktu lalu, di Kampung Ladang Pasir Peuti, Sumedang.

“Tadinya kan disetiap satuan atau pangkalan pramuka itu belum ada standarisasi tetapi setelah adanya KMD baru akan kami terapkan,” papar Ipin Apriyana, Ketua Dewan Kerja Ranting Kecamatan Jatinunggal kepada Sumeks, Senin (7/11).

Dikatakan Ipin, dalam latihan selama satu minggu itu, Kwaran Jatinunggal mengirimkan utusan 3 orang diantaranya, Agus Sobardin SPd, Ade Ramli H SpdI, dan Ipin Apriyana. Acara yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan informasi pramuka dan mengembangkan potensi bakat dan minat kepramukaan serta meningkatkan loyalitas dan kualitas para calon pembina itu, dibuka secara resmi oleh Ketua Kwarda Jawa Barat, H Macan Efendi Yusuf atau Dede Yusuf di Gedung Kwarda Jawa Barat, Bandung.

Peserta yang berjumlah lebih dari 1900-an orang berasal dari tiap-tiap utusan kabupaten di Provinsi Jawa Barat, yang mendapatkan materi tentang ke pramukaan Siaga, Penggalang dan Pandega dari pelatih khusus yang telah mengikuti Kursus Pelatihan Dasar (KPD) dan Kursus Pelatihan Lanjutan (KPL).

“Dengan adanya acara semacam ini benar-benar membina kita dalam menerapkan bagaimana pembinaan terhadap pramuka Siaga, Penggalang dan Pandega itu dari mulai pelaksanaan upacara pembukaan Siaga, Penggalang, dan Pandega hingga upacara penutupan,” lanjut Ipin.

Hal yang berkesan bagi Ipin, banyaknya pengalaman dan dapat silaturahmi dengan anggota pramuka di wilayah lain, sehingga dapat menumbuhkan teman yang banyak. Selain itu 6 bulan kedepan akan ada Kursus Mahir Lanjutan (KML).(igun gunawan)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Warga Gelar Istigasah Akbar Tolak Rencana Geothermal Gunung Tampomas

28 April 2021 - 20:37 WIB

Warga di Kecamatan Buahdua dan Kecamatan Conggeang menggelar Istigasah Akbar dalam rangka menolak rencana Geothermal Gunung Tampomas, Rabu 28 April 2021.

Tiga Tersangka Pengedar Sabu dan Dua Penyalahgunaan Sedian Obat Farmasi Diamankan Satnarkoba Polres Sumedang

28 April 2021 - 19:51 WIB

Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo dan jajarannya menunjukkan barang bukti hasil penangkapan dalam konferensi pers di Mapolres Sumedang, Rabu 28 April 2021.

WOM Finance Lakukan Penanaman Pohon di Sumedang, Terapkan Prokes

17 Maret 2021 - 12:57 WIB

Bus Terjun ke Jurang di Wado, Belasan Meninggal

10 Maret 2021 - 21:13 WIB

Ada Gejolak, Wagub Uu Tinjau Tambang di Desa Padakembang

7 Maret 2021 - 21:01 WIB

Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau pertambangan di Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (7/3/2021).

Kapten Inf. Agus Hermawan, Edukasi Pencegahan Covid-19, Lakukan Penyemprotan Disinfektan

5 Februari 2021 - 19:33 WIB

Trending di DAERAH