Home / SUMEDANG

Senin, 5 Maret 2012 - 21:23 WIB

Belum Ada Solusi, Pilkades Wil. Genangan



DPRD – Ketua Komisi A DPRD Sumedang, Ending Ahmad Sajidin, mengatakan hingga saat ini belum mendapatkan solusi terkait semakin dekatnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di wilayah genangan Jatigede.

“Sampai saat ini kami belum menemukan solusinya, kami masih bingung, mungking memerlukan kajian yang lebih mendalam,” papar Ending usai berdialog dengan para kepala desa se-wilayah genangan Jatigede di DPRD Sumedang, Senin (5/3).

Dikatakan Ending terdapat enam desa yang dalam waktu dekat perlu mengadakan pilkades, yakni, Desa Padajaya dan Cisurat di Kecamatan Wado. Desa Leuwihideung, Jatibungur, Cibogo dan Cipaku di Kecamatan Darmaraja. Desa-desa tersebut menurut Ending, sudah tidak mempunyai wilayah akibat habis dipergunakan proyek Jatigede.

Baca Juga  Kapolres Sumedang Bagikan Sembako

“Apapun keputusan kita harus ada payung hukumnya, sesuai dengan PP 72 tahun 2005 tentang Desa, keenam desa tersebut harus segera dilakukan Pilkades, karena jabatan kepala desa-nya yang sekarang sudah habis,” lanjutnya.

Sebelumnya di wilayah genangan, sempat beredar kabar akan adanya perpanjangan Kepala Desa, dan membuat sejumlah tokoh masyarakat geram. Namun hal itu segera dibantah anggota Komisi A DPRD Sumedang, Atang Setiawan, menurut Atang jika masa jabatan di perpanjang jelas melanggar aturan.

Baca Juga  Heri Ukasah Tak Setuju Penolan KJA Jatigede di Saat Pandemi Covid-19

“Jelas kalau memperpanjang jabatan Kepala Desa itu akan bertabrakan dengan aturan yang sudah ada. Tapi tidak melakukan pemilihan Kepala Desa. Karena masa jabatan kepala desa kan sudah jelas, dari aturannya kan 6 tahun, tapi kita mengusulkan membentuk Pjs (Pejabat Sementara), Pjs-nya dapat dari Kepala Desa yang bersangkutan di Pjs-kan, atau diangkat dari masyarakat atau pihak Kecamatan,” ujarnya.

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Ade Dijerat Kasus Korupsi dan Gratifikasi

Pilihan Redaksi

Lima desa di Kecamatan Jatinangor diterjang banjir, RPJ salurkan bantuan sembako

SUMEDANG

Profesor Ahman Puji Pagelaran Festival Seni di Sumedang

Pilihan Redaksi

Jelang Re-opening: 60 Petugas MPP Negatif Rapid Test
Para petugas kebersihan taman kota, dan masjid agung di Jalan Prabu Geusan Ulun Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan, terlihat sumringah. Mereka mendapatkan bantuan sembilan bahan pokok (sembako) dari Persatuan Istri Tentara Kartika Chandra Kirana Cabang XXI Kodim 0610/Sumedang. Jumat, 19 Juni 2020

Pilihan Redaksi

Para Petugas Kebersihan Ini dapat Bantuan Sembako dari Persit KCK Cabang XXII Kodim 0610 / Sumedang

Pilihan Redaksi

Jalur Cireki Amblas Sempat Ganggu Lalin, Pagi Ini Diperbaiki

SUMEDANG

Belum Percaya Kepada Pemkab OTD Ontrog IPP

Pilihan Redaksi

Bus Pariwisata Nabrak Tihang PJU di Cae, Satu Tewas