Home / JATINANGOR

Jumat, 29 Juni 2012 - 15:22 WIB

LDK UNPAD Siap Sambut Ramadhan



Fengki Ari Anggara

Ketua Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Dewan keluarga Masjid (DKM) UNPAD, Asep Abdul Rahman.


Bulan penuh barokah sebentar lagi menghampiri ummat Islam, bagaimana persiapan menjelang bulan seribu bulan tersebut. Persiapan apa yang dilakukan mahasiswa menyambut bulan penuh rahmat tersebut, berikut petikan wawancara Kontributor www.SUMEDANGONLINE.com, Fengki Ari Anggara, dengan Ketua Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Dewan keluarga Masjid (DKM) UNPAD, Asep Abdul Rahman, mahasiswa jurusan Teknik Manajemen Industri Pertanian UNPAD, usai shalat Jumat di selatsar Mesjid Ibnu Sina, Jum’at (29/06).

 

Ramadhan sebentar lagi, bagaimana perasaan Kang Asep?

Sebagai seorang muslim, Alhamdulillah, menyambut bulan suci Ramadhan ini dengan penuh kegembiraan; penuh dengan suka cita karena disana pahala yang biasa yang kita dapatkan dibulan lain dilipatgandakan.

 

Adakah perbedaan suasana antara Ramdahan tahun lalu dengan tahun sekarang?

Perbedaannya sangat terasa, itu diakibatkan karena jadwal perkuliahan. Tahun ini jadwal liburan bersamaan dengan bulan Ramadhan. Hampir bisa dipastikan selama bulan Ramdahan kali ini mahasiswa yang ada di kampus lebih sedikit daripada jumlah mahasiswa pada bulan Ramadhan tahun lalu.

Baca Juga  GM Jatos: Kami Hanya Menyewakan Gedung Saja

 

Adakah kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh LDK UNPAD untuk mengisi bulan puasa nanti?

Insyaallah. Dalam rangka mensyiarkan Islam di tengah-tengah kampus kita akan mengadakan acara-acara yang sifatnya rutin atau insidental dari awal penyambutan hingga akhir Ramadhan yang dihimpun dalam rangkaian kegiatan Panitia Ramadhan dan Idul Fitri di Kampus (PARAMADIKA). Diawali dengan Tarhib Ramadhan, tabligh akbar, bedah buku, diskusi, ceramah umum, wakaf seribu al-quran, bakti sosial dan diakhiri dengan pelaksanaan Sholat Idul Fitri. Itu yang sifatnya insidental. Adapun yang bersifat rutinan, insyaallah, akan mengadakan kajian rutinan sore yang membahas seputar fiqh saum, fiqh kontemporer, dan lain sebagiannya. Kemudian, kita akan mengadakan buka bareng bersama mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus, Sholat tarawih, kuliah tujuh menin (kultum), tadarus dan kuliah subu (kulsub)

 

Untuk pelajar SMP dan SMA, kita akan mengadakan training yang akan diisi oleh Felix Siauw. Sedangkan untuk masyarakat, kita akan mengadakan tabligh akbar yang akan diisi oleh Ustad Agus Akhyar.

Baca Juga  Dugaan Korupsi PPK-IPM Dede Disinyalir Coba Suap Kejati

 

Bolehkah mahasiswa dari kampus lain ikut dalam kegiatan-kegiatan tersebut?

Insyaallah, kita undang baik melalui publikasi di media online dan baligo dan pamplet. Dan kita juga akan menggunakan jaringan Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus (BKLDK) untuk mendatangkan mahasiswa dari berbagai kampus.

 

Dipungut biaya tidak?

Untuk yang kajian rutinan itu gratis, termasuk buka bersama. Silahkan datang aja ke sini; jangan sungkan; jangan ragu. Adapun yang dipungut biaya hanya sebagian dari kegiatan insidental, contohnya training.

 

Sudah sejauhmana persiapan kegiatan-kegiatan tersebut?

Alhamdulillah, kami sudah menyiapkanya dari awal Juni dan sampai sekarang sudah tahap progres. Ya sekitar Tujuh Puluh persenan-lah.

 

Apa pesan-pesan Kang Asep untuk sesama mahasiswa muslim, khususnya mahasiswa UNPAD?

Meski kampus libur, harapanya jangan cepat-cepat pulang. Cobalah kita rasakan suasana puasa dan idul fitri di kampus. Suasanany luar biasa berbeda. Mudah-mudahan suasana ini juga dirasakan oleh semua.

 

Apa harapan Kang Asep di Ramadhan kali ini?

Mudah-mudahan syiar Islam di tengah-tengah kampus oleh LDK DKM UNPAD ini bisa membumi. Sehingga mahasiswa tersadarkan dengan materi-materi yang telah kita sampaikan. Begitupula di kampus-kampus lain.(*)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

JATINANGOR

Polisi, TNI gelar razia gabungan

JATINANGOR

Jelang Mudik, PJU Dibenahi

JATINANGOR

Bakal Ada Jalur Kereta Api Rancaekek-Jatinangor

JATINANGOR

Tabrak Lari, Lim Tewas Mengenaskan

JATINANGOR

Perbaikan Jalan Paramun Digenjot

JATINANGOR

Korban Banjir Belum Tersentuh Bantuan

JATINANGOR

IKOPIN Gelar Kegiatan Pengenalan Program Akademik

JATINANGOR

Tanggul Jebol Ratusan Rumah Terendam