Home / JATINANGOR

Jumat, 10 Agustus 2012 - 07:22 WIB

APPI Gelar Aksi Peduli Muslim Rohingya



AKSI : Seorang peserta aksi sedang memperlihatkan karton putih bertulis SAVE ROHINGYA
dalam aksi damai yang digelar APPI di Jatinangor, (9/8)
[FOTO: FENGKY ARI ANGGAARA]

JATINANGOR – Aliansi Pemuda Peduli Rohingya (APPI) menggelar aksi damai menuntut sikap tegas dan peran aktif pemerintah Republik Indonesia (RI) untuk membela nasib minoritas muslim di Rohingya, Kamis (9/8). Aksi diikuti sekitar 30 orang mahasiswa UNPAD ini, dimulai sejak pukul setengah lima sore hingga waktu berbuka puasa. Mereka bergerak melalui rute Gerbang Lama UNPAD, lalu beranjak ke arah Pangkalan Damri (pangdam) lama, dan kembali ke Gerbang Lama UNPAD.

Baca Juga  Asda Sebut Azwar Menteri Pertama ke Toga

Aliansi ini terdiri dari perwakilan-perwakilan lembaga-lembaga mahasiswa intra dan ekstra kampus UNPAD. seperti yang disebutkan oleh Tofa, koordinator aksi, aksi ini diikuti oleh perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Badan Permusyawaratan Mahasiswa (BPM), Lembaga Dakwah Kampus (LDK), Forum Koordinasi Dakwah Fakultas (FKDF), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

Menurut mahasiswa Fakultas Peternakan (FAPET) UNPAD itu, aksi damai ini dilatarbelakangi oleh tindak kejahatan Hak Asasi Manusia (HAM) yang dialami kaum minoritas Muslim yang ada di Rohingya. “Kami mengecam tindakan PBB yang hanya berdiam diri saat kaum muslim di Rohingya dibantai,” ungkapanya.

Baca Juga  Yang Dibakar Ruangan Ketua Panitia Pilkades Cipanas

Dalam aksinya APPI menyampaikan empat hal. Pertama, mengecam segala tindak kejahatan HAM terhadap etnis minoritas Rohingya. Kedua, menuntut sikap tegas dan peran aktif pemerintah RI kepada pemerintah Myanmar melalui ASEAN dan PBB. Ketiga, mengajak segenap rakyat Indonesia dan dunia Internasional agar peduli terhadap nasib etnis Rohingya baik secara materi maupun moril. Terakhir, menyeru kepada seluruh masyarakat Indonesia agar meningkatkan kerukunan antar elemen masyarakat.

Disepanjang jalannya aksi mereka tak henti-hentinya meneriakkan beberapa yel-yel. Misalnya saja saat seorang orator berteriak “Save Rohingya…!!!”. Peserta aksi yang lainpun menjawab, “Selamatkan…Selamatkan…”

Selain menyampaikan orasi, para peserta aksi juga menggelar aksi tandatangan sebagai bentuk dukungan dan kepedulian atas muslim Rohingya juga menyediakan beberapa kotak kencleng yang terbuat dari kardus air mineral bekas bertulis Donasi Kemanusiaan #Save Rohingya. [faa]

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

JATINANGOR

Hewan Kurban Mulai Laris

JATINANGOR

Material Tak Bermutu, Dua Rumah Roboh

JATINANGOR

Listrik Mati 9 Jam, Warga Mengeluh

JATINANGOR

Di Cibogo, Tiga Rumah Ludes Terbakar

JATINANGOR

Kahatex: Saluran Itu Tadah Hujan

JATINANGOR

Persempit Ruang Gerak Kejahatan, Polisi Rajin Razia

JATINANGOR

Beli Fortuner, Mendagri: sejauh mana pentingnya mobdin itu

JATINANGOR

Tabrak Lari, Lim Tewas Mengenaskan