APPI Gelar Aksi Peduli Muslim Rohingya

AKSI : Seorang peserta aksi sedang memperlihatkan karton putih bertulis SAVE ROHINGYA
dalam aksi damai yang digelar APPI di Jatinangor, (9/8)
[FOTO: FENGKY ARI ANGGAARA]
JATINANGOR – Aliansi Pemuda Peduli Rohingya (APPI) menggelar aksi damai menuntut sikap tegas dan peran aktif pemerintah Republik Indonesia (RI) untuk membela nasib minoritas muslim di Rohingya, Kamis (9/8). Aksi diikuti sekitar 30 orang mahasiswa UNPAD ini, dimulai sejak pukul setengah lima sore hingga waktu berbuka puasa. Mereka bergerak melalui rute Gerbang Lama UNPAD, lalu beranjak ke arah Pangkalan Damri (pangdam) lama, dan kembali ke Gerbang Lama UNPAD.

Aliansi ini terdiri dari perwakilan-perwakilan lembaga-lembaga mahasiswa intra dan ekstra kampus UNPAD. seperti yang disebutkan oleh Tofa, koordinator aksi, aksi ini diikuti oleh perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Badan Permusyawaratan Mahasiswa (BPM), Lembaga Dakwah Kampus (LDK), Forum Koordinasi Dakwah Fakultas (FKDF), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

Baca Juga  Kang Rinso Santuni Penyandang Cacat

Menurut mahasiswa Fakultas Peternakan (FAPET) UNPAD itu, aksi damai ini dilatarbelakangi oleh tindak kejahatan Hak Asasi Manusia (HAM) yang dialami kaum minoritas Muslim yang ada di Rohingya. “Kami mengecam tindakan PBB yang hanya berdiam diri saat kaum muslim di Rohingya dibantai,” ungkapanya.

Baca Juga  Seminar: Bidan Sejuta Cinta Untuk Negeriku

Dalam aksinya APPI menyampaikan empat hal. Pertama, mengecam segala tindak kejahatan HAM terhadap etnis minoritas Rohingya. Kedua, menuntut sikap tegas dan peran aktif pemerintah RI kepada pemerintah Myanmar melalui ASEAN dan PBB. Ketiga, mengajak segenap rakyat Indonesia dan dunia Internasional agar peduli terhadap nasib etnis Rohingya baik secara materi maupun moril. Terakhir, menyeru kepada seluruh masyarakat Indonesia agar meningkatkan kerukunan antar elemen masyarakat.

Baca Juga  Tahun Ajaran Baru, Jual Beli LKS Marak

Disepanjang jalannya aksi mereka tak henti-hentinya meneriakkan beberapa yel-yel. Misalnya saja saat seorang orator berteriak “Save Rohingya…!!!”. Peserta aksi yang lainpun menjawab, “Selamatkan…Selamatkan…”

Selain menyampaikan orasi, para peserta aksi juga menggelar aksi tandatangan sebagai bentuk dukungan dan kepedulian atas muslim Rohingya juga menyediakan beberapa kotak kencleng yang terbuat dari kardus air mineral bekas bertulis Donasi Kemanusiaan #Save Rohingya. [faa]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK