Home / DAERAH

Sabtu, 20 Oktober 2012 - 21:58 WIB

Jalan Sukasari-Lembang, Masih Proses DED



Ilustrasi

KOTA – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sumedang, Ir Sujatmoko, menyebutkan pembangunan Jalan Sukasari-Lembang, telah dilakukan uji kelayakan oleh PU Jawa Barat (Jabar). Bahkan saat ini, lanjutnya, rencana pembangunan jalan tersebut dalam proses pembuatan Detail Engineering Desain (DED) oleh konsultan.

“Sehingga jika DED telah tuntas maka akan terukur berapa biaya untuk pembangunan jalan itu. Tak hanya itu, dipastikan gambar serta konstruksinya dipastikan akan jelas. Panjang jalan Sukasari-Lembang sekitar 18 KM sejak dari Jalan Raya Tanjungsari,” ujarn Sujatmoko, ditemui Sumeks di kantornya, Jumat (19/10).

Baca Juga  Petani Sayuran, Pasar Terbesar Pupuk Organik

Ia menambahkan untuk  pembangunan jalan itu, dipastikan membutuhkan lahan tambahan, sehingga kata Sujatmoko, dipastikan akan dilakukan pembebasan lahan terlebih dahulu.

Di tempat terpisah, anggota DPRD Sumedang dari Dapil (Daerah Pemilihan) II, Yudi Wahyudi, mengharapkan untuk jalan Sukasari Lembang, statusnya akan berubah dari jalan kabupaten menjadi provinsi. Ia memprediksi, untuk pembangunan jalan itu dipastikan membutuhkan biaya yang cukup besar sehingga tak mungkin terdanai APBD Sumedang.

Baca Juga  Camat Cibugel, gelar minggon keliling

“Jika jalan itu terwujud, dipastikan akan meningkatkan perekonomian warga Sumedang. Pasalnya, di lokasi seputaran itu penduduknya didominasi oleh yang bermata pencaharian sebagai petani. Dipastikan,  jika akses jalan itu dibuka, secara langsung akan meningkatkan taraf pereokonomian petani,” jelasnya. (zis)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

DAERAH

Hindari Lobang, Mobil Box Hantam Travel

DAERAH

Punggung Laba-laba Mirip Wajah Manusia

DAERAH

Irigasi Rusak, Puluhan Hektar Sawah Terancam

DAERAH

Ngantuk, Tanki Seruduk Rumah

DAERAH

Di Situraja e-KTP Digilir

DAERAH

Bendahara KPT Wado Tilep Dana Bansos

DAERAH

Wili Tempel Terus Tata

DAERAH

Jatigede digenang, proses belajar di SDN Cipaku masih aktif