Home / SUMEDANG

Selasa, 5 Februari 2013 - 08:46 WIB

Saluran Air Disulap Jadi Jembatan



KOTA – Tak ada jembatan penghubung di sungai Cipeles, membuat sejumlah warga di Dusun Ciwaru, Desa Girimukti, Kecamatan Sumedang Utara menggunakan saluran irigasi sebagai jembatan penyebrangan.

“Saya tahu ini bukan jembatan, tapi saluran air, tapi dipakai warga untuk menyebrang juga, sebenarnya tidak boleh, tapi tak ada alternative lagi,” kata Resa (31), kepada Sumeks, Senin (04/02).

Jembatan saluran air itu sebut Resa, sudah ada sejak 1937, namun saat ini kondisinya sudah memprihatinkan. Banyak diantara baud-baudnya yang hilang, selain itu kondisi tihangnya pun sudah hampir anjlok. Meski demikian, warga tetap mempergunakannya karena tak ada akses jalan lain yang lebih dekat selain melintas saluran irigasi itu.

Baca Juga  Begini Konsep Forum Skill Development Center Sumedang

“Bagian tihangnya hampir anjlok, tapi apa boleh buat masyarakat tetap memakainya sebagai jembatan penyebrangan. Selain itu banyak baud yang hilang,” imbuhnya.

Resa dan warga lain berharap agar ada perhatian dari pemerintah daerah untuk memperbaiki atau membuatkan jembatan penyebrangan yang baru. Karena jika dibiarkan warga merasa ketakutan jika nanti kondisinya semakin parah dan dapat membahayakan penyebrang.

“Kami sebagai warga hanya berharap ada perhatian pemerintah, mau dibangun jembatan baru atau yang ini mau diperbaiki itu gimana baiknya saja para pemegang kebijakan, yang penting kami bisa menyebrang,” terangnya.

Baca Juga  Ada Mesin Cetak Anyar, Pembuatan KTP di Disdukcapil Sumedang Bakal Cepat

Menanggapi keinginan warga tersebut, Ketua Komisi D DPRD Sumedang, Dadang Romansah, Ia menyebutkan jika pihaknya belum menerima aspirasi. Ia pun menghimbau agar warga pengguna jembatan irigasi tersebut segera menyampaikan aspirasinya. Namun jika pun diajukan kemungkinan pembangunan atau perbaikan hal tersebut baru bisa ditindak lanjuti tahun depan karena rencana anggaran untuk tahun 2013 telah selesai.

“Sampai saat ini kami belum menerima aspirasi tersebut, namun jika ada kami tentu menindak lanjuti. Tapi mengenai hal perbaikan atau pembangunan kemungkinan di tahun berikutnya karena untuk tahun 2013 rencana anggrannya sudah selesai,” pungkasnya. (asp)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

DR Dijebloskan ke Tahanan Kejari, Pemkab Sumedang Akan Ajukan Penangguhan Penahan
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Sumedang, H. Sidik Jafar mengumumkan pengesahan komposisi dan Personalia DPD Golkar Kabupaten Sumedang Masa Bakti 2020-2025 di Kantor DPD Golkar Kabupaten Sumedang. Ahad, 20 September 2020.

SUMEDANG

Sidik Jafar Umumkan Pengesahan Komposisi Personalia Pengurus DPD Golkar Sumedang

Pilihan Redaksi

Reses Heri Ukasah, warga curhat infrastruktur
Anggota DPRD Sumedang, Asep Kurnia, melakukan Reses Masa Persidangan II Tahun 2020 di Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Pilihan Redaksi

Reses Akur di Sindulang Sumedang Cek Kesiapan Gugus Tugas Desa

Pilihan Redaksi

Buruan Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Mumpung Denda Dihapus
Modus Penipu mengaku sebagai kepala daerah Jawa Barat.

Pilihan Redaksi

Selain Bupati Sumedang, Gubernur Jabar Juga Dicatut Namanya Oleh Penipu Modus Proposal Pembangunan Rumah Ibadah

Pilihan Redaksi

Donny: Kampung Ramadan Event Terbesar GlobalTV
Kelompok Tani Hutan (KTH) di Kaki Gunung Kareumbi, melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada Sabtu, 24 Juli 2021.

SUMEDANG

Pandemi Covid-19 Tak Menyurutkan KTH di Kaki Gunung Kareumbi Berbagi Rezeki dengan Anak Yatim