Home / JATINANGOR / Pilihan Redaksi

Rabu, 9 Maret 2016 - 10:55 WIB

Puncak Gerhana Pukul 07.21 WIB



SUMEDANG- Gerhana Matahari yang terjadi saat kontak awal dengan bulan terjadi pukul 06.19. Sedangkan puncak gerhana dengan kepenuhuan 88 persen tejadi pada pukul 07.21.
Lanjut Aam, spesialnya GMT tahun ini dikarenakan hanya daratan Indonesia saja yang dapat menyaksikan peristiwa langka tersebut. Bahkan, di Indonesia sendiri ada 11 hingga 12 provinsi yang dapat menyaksikan GMT, meskipun tidak semuanya total.
“Kami disini tidak menggunakan alat yang canggih untuk observasi, hanya menggunakan kamera lubang jarum dan kaca mata dengan filter khusus ND5 (Netral Density),” ujarnya.
Menurut Aam, filter khusus ND5 tersebut bisa menyerap dengan menyaring cahaya matahari hingga 100 ribu kali. Sehingga aman untuk retina. Pasalnya, jika masyarakat melihat GMT dengan mata telanjang maka dapat merusak bagian mata.
“Kerusakan mata bukan terjadi instan pada saat itu. Namun, efeknya bisa dirasakan selama bertahun-tahun. Bahkan, bisa menyebabkan kebutaan permanen,” pungkas Aam.**

Baca Juga  Besok, TMMD ke-100 Wilayah Sumedang Dibuka
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

BISNIS

Mantan Menteri Ini Bilang Pengangguran di Indonesia Masih Tinggi

Pilihan Redaksi

Wabup Kecewa Terhadap Kinerja PDAM Sumedang
Juru bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Sumedang, Nela Megalita menyebutkan jika Bed Occupancy Ratio (BOR) atau tingkat keterisian Tempat Tidur di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang mencapai 82,69 Persen. Data tersebut tercatat hingga pukul 14.00, Kamis (8/7/2021).

Pilihan Redaksi

BOR RSUD Sumedang Capai 82,69 Persen, Satgas Covid -19 Siapkan Skenario Distribusi Pasien
Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) Kabupaten Sumedang, Kemal Idris

Pilihan Redaksi

Diskominfosanditik Sumedang Bentuk Tim Antisipasi Penyebar Hoax

Pilihan Redaksi

Disdik Sumedang Gelar Rakor Teknis Cerdas Eksotik

PENDIDIKAN

Manfaatkan lahan tidur, SMPN 3 Cimalaka bidik sekolah hijau

Pilihan Redaksi

Mobil Damkar Mogok Saat Kebakaran Ruko di Kelurahan Situ

Pilihan Redaksi

Berisiko, polisi imbau pelajar tak bawa kendaraan ke sekolah