Home / Nasional / Pilihan Redaksi

Kamis, 30 Juni 2016 - 20:15 WIB

BNPB Imbau Pemudik Waspadai Bencana Selama Lebaran



Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dalam masa libur Lebaran kali ini agar tetap waspada. Pasalnya, ancaman bencana saat mudik lebaran pada Juni-Juli 2016 akan tetap tinggi, khususnya banjir, longsor, dan puting beliung karena adanya anomali cuaca.
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, bahwa hujan berintensitas ringan – sedang – lebat berpotensi selama masa mudik lebaran. Mengutip prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Sutopo mengimbau masyarakat agar mewaspadai peningkatan hujan selama mudik Lebaran di Jawa, Sumatera bagian selatan, Sulawesi dan Kepulauan Maluku.
BNPB juga mengingatkan hujan yang sifatnya lokal dan kondisi yang memang memiliki wilayah rawan banjir dan longsor, seperti tingkat serapan tanah sehingga aliran permukaan akan memicu banjir atau tanah yang jenuh pemicu longsor,” terang Sutopo melalui siaran persnya Kamis (30/6) siang.
Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB itu, ada 13 titik lokasi yang berpotensi macet dan rawan bahaya banjir dan longsor di Pulau Jawa. Ketiga belas titik tersebut adalah Merak, Cikampek, dan sekitarnya, Nagrek dan sekitarnya, Cirebon, Pejaban, Brebes, Tegal Pekalongan, Akses tol Semarang- Ungaran, Ambarawa, Broncong (Tuban), Babat (Lamongan), Porong hingga Sidoarjo.
Tidak hanya potensi bahaya banjir, longsor, dan puting beliung, menurut Sutopo, potensi gempa bumi dan gunungapi perlu diwaspadai masyarakat. “Satu gunungapi berstatus Awas, yaitu Gunung Sinabung, 1 Siaga, Lokon, dan 17 Waspada,” ungkapnya.
Ia menunjuk contoh, peristiwa terkini adalah erupsi Gunung Bromo di Jawa Timur yang mengeluarkan abu tipis pada Rabu (29/6). Terkait dengan Gunung Bromo, menurut Sutopo, wisatawan aman untuk berwisata namun ia menekankan bahwa radius 1 km dari kawah sebagai zona terlarang.

Baca Juga  BNPB catat selama 2017 ini ada 438 kejadian longor, masyarakat diminta waspada
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Warga Citali Diminta Matikan Lampu, Ini Alasannya

PENDIDIKAN

Bupati Sumedang Rencanakan Bangun TK Negeri di Jatinangor

Pilihan Redaksi

Tinjau Pengamanan Gudang Logistik Pemilu, Dandim dan Kapolres Bawa Tim Kesehatan

Pilihan Redaksi

Pasukan Kuning Tak Libur Saat Lebaran

Nasional

Peliputan Pilkada. Polda Minta Tetap Berimbang

OLAHRAGA

Cuaca dan Pemain Pilar Cedera, Perses Optimistis Curi Point Lawan Persewangi

Pilihan Redaksi

Terdampak Jalan Tol Cisumdawu, SDN Cijolang Bakal Direlokasi
Bupati Sumedang dan jajaran Forkompimda Sumedang saat pelepasan bantuan pertama bansos berupa natura senilai Rp100ribu yang disalurkan oleh masing masing kecamatan.

Pilihan Redaksi

Salurkan Bansos, Bupati: Jangan Sampai Ada Warga Sumedang Kelaparan