Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Senin, 22 Agustus 2016 - 01:18 WIB

Kecamatan Paseh akan catatkan kembali Tari Umbul



SUMEDANGONLINE, PASEH: Kesenian tradisional tari umbul kembali akan memecahkan rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) kali kedua, setelah pada 20 Mei 2012 [baca juga : 20 MEI, KEBANGKITAN UMBUL SITURAJA] , Kecamatan Situraja berhasil menorehkan tari umbul dengan jumlah peserta 2.012 orang penari. Kini Kecamatan Paseh, dimana tari sejenis juga berkembang di lokasi itu akan melaksanakan giat serupa pada 31 Agustus 2016.
Kegiatan pemecahan rekor tari umbul di Kecamatan Paseh tersebut menurut Camat Paseh Nandang Suparman, S.Sos., merupakan bagian dari rangkai memperingati Hari Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia. Rencananya kegiatan yang akan melibatkan 3 ribu penari itu, akan dipusatkan di Lapang Sepakbola Madukara, Desa Paseh Kidul, Kecamatan Paseh.
Nandang berharap tari yang lahir dan besar di Kecamatan Paseh itu, akan terus dapat dilestarikan dan tercatat dalam sejarah Kecamatan Paseh. Sehingga setiap regenerasi nantinya akan mengingatnya. “Diharapkan ini bisa menjadi motivasi bagi generasi muda, bahwa Kecamatan Paseh mempunyai tari umbul,” terangnya.
Ia berharap selain sebagai ajang pelesratian tari umbul, juga sebagai ajang untuk mempersatukan warga Paseh. Selain itu, juga menjadi tempat mempererat persaudaraan dan tali silaturahmi bagi warga. ***

Baca Juga  Kasus Covid-19 Naik, Indonesia Butuh Tambahan 20 ribu Perawat dan 3 ribu Dokter
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Jalan Lingkar Jatigede Sumedang Bergelombang, Ini Tanggapan PUPR

Pilihan Redaksi

Jalan Tanjung-Suryamedal Amblas, Hari Ini Dibangun Jembatan Darurat

KABAR DARI GEDUNG NEGARA

Hasil Musrenbang, ada kesepakatan rumusan skala prioritas

Nasional

Maruarar Sirait Tak Masuk Pengurus DPP PDIP, Sabam: Itu Hal Biasa

Pilihan Redaksi

Putra Sumedang Ini Paparkan Pengelolaan Sampah di Kemenhan RI

Pilihan Redaksi

Hasilkan Omset Rp 2,9 M Pertahun, Komisi I DPRD Sumedang Kunjungi Bumdes Berdikari

PENDIDIKAN

Bupati Sumedang Akan Pasang Free WiFi di Musas
Gubernur Jabar Ridwan Kamil membuka Program Pelatihan Relawan Penanggulangan Covid-19 di SMKN 3 Bandung, Senin (19/10/20).

Pilihan Redaksi

Kang Emil Buka Pelatihan 3.000 Relawan Covid-19 Jabar