Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Senin, 9 Oktober 2017 - 10:56 WIB

BNPB catat selama 2017 ini ada 438 kejadian longor, masyarakat diminta waspada

Kondisi struktur tanah yang labil dan dipicu oleh hujan deras telah menyebabkan gerakan tanah atau longsor yang cukup luas di wilayah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.Bencana longsor yang menimbulkan kerusakan ratusan rumah terjadi di lima dusun di Desa Waringinsari Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat, pada Minggu (01/10) pukul 17.30 WIB.

  GAMBAR_25154: Kondisi struktur tanah yang labil dan dipicu oleh hujan deras telah menyebabkan gerakan tanah atau longsor yang cukup luas di wilayah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.Bencana longsor yang menimbulkan kerusakan ratusan rumah terjadi di lima dusun di Desa Waringinsari Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat, pada Minggu (01/10) pukul 17.30 WIB.


JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mengimbau seluruh masyarakat yang ada di wilayah rawan bencana untuk tetap waspada. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho berharap masyarakat di daerah rawan tersebut mengetahui gejala gejala akan terjadinya bencana.

Apalagi sebut Sutopo, saat ini sebagaian wilayah di Indonesia memasuki musim penghujan. Meski pun secara klimatologis musim penghujan baru akan berlangsung pada November, mendatang. “Musim kemarau telah menyebabkan tanah-tanah retak mudah terisi aliran permukaan saat hujan sehingga memicu longsor,” ucap Sutopo, melalui siaran pers nya.

Baca Juga  Gor Tadjimalela penuh pengungsi, 250 jiwa direlokasi ke Kodim

Sutopo mencatat, hingga saat ini selama tahun 2017, tercatat 438 kejadian bencana longsor di Indonesia dengan dampak longsor menyebabkan 95 orang meninggal dunia, 132 orang luka-luka, 43.416 orang menderita dan mengungsi serta lebih dari 1.500 unit rumah rusak.  “Puncak musim penghujan diperkirakan pada Januari mendatang sehingga ancaman banjir dan longsor akan makin meningkat,” katanya. *** par

Baca Juga  Bantuan Korban Longsor Cair, Hari Ini Masuk Rekening Penerima
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Jembatan Jembarwangi-Darmawangi Putus

SUMEDANG

Tunjangan Perumahan DPRD Dianggap Pemborosan

SUMEDANG

Pengobatan Gratis, Klinik Afiat Medika Farma Didukung Baznas

Pilihan Redaksi

Flowerry Yulidas Gantikan Sudira Jadi Ketua Pengadilan Negeri Sumedang

Pilihan Redaksi

Panjat Tebing Akan Dipertandingkan Perdana di POPNAS 2017

Pilihan Redaksi

Camat Wakili Bupati Sumedang Lantik Penjabat Kades
Eka Ganjar selaku Kepala Bidang Sarana Prasarana pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang.

PENDIDIKAN

Disdik Sumedang Belum Tentukan Kapan Pembelajaran Tatap Muka Dilaksanakan
Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 3-9 Agustus 2021 di Kabupaten Sumedang tak ada penyekatan kendaraan hanya ganjil genap tetap berlaku.

Pilihan Redaksi

Sumedang di Level 4, Sekda: Tak Ada Penyekatan Kendaraan, Hanya Ganjil Genap