Tingkatkan PAD, Sumedang Pasang Smart Cashier

SUMEDANG ONLINE, PESONA JATIGEDE – Pemerintah Kabupaten Sumedang terus menggenjot pendapatan dari sector pajak. Agar tidak bocor, pemerintah memasang smart cashier (tapping box). Untuk sementara baru lima titik terpasang alat yang terkoneksi langsung ke server di Bappenda Sumedang. Kelima lokasi tersebut yakni Tampomas Green Park, Pesona Jatigede, Fish 88, Sate Oon Paseh, dan Orchid.

Sekretaris Badan Penggelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Sumedang, Asep D Darmawan, menyebutkan alat tersebut berfungsi untuk merekam setiap transaksi di sejumlah objek pajak.

Baca Juga  Cegah Covid 19, 14 Narapidana Mendapat Asimilasi di Rumah

”Ada 5 objek pajak yang kita pasang smart cashier, ini semata-mata untuk mendongkrak PAD Sumedang di tahun 2018 dan 2019,” kata Asep D Darmawan sesaat melakukan pemasangan alat di Pesona Jatigede.

Dia optimistis, pemasangan smart cashier akan mampu mendongrak PAD Kabupaten Sumedang. “Alat ini juga bisa memberikan data-data yang akurat terkait transaksi yang terjadi di lokasi objek pajak, sehingga mampu meningkatkan akurasi data yang lebih baik,” sambungnya.

Baca Juga  GMBI Sumedang, Haramkan Politik Uang

Menurutnya, alat tersebut sudah tidak asing untuk kota-kota besar. Karena sebut dia, setelah adanya pemasangan alat ada peningkatan PAD yang cukup significant. “Karena alat ini merekam data transaksi dan begitu ada transaksi, pajaknya langsung langsung terlaporkan langsung ke Bappenda,” ujarnya.

Baca Juga  Tapem Gelar Rakor LKPJ Kepala Daerah

Owner Pesona Jatigede Taufik Hidayat membenarkan berkait adanya pemasangan alat tersebut. Sebagai pengusaha taat pajak dirinya sangat mendukung adanya program itu. “Kita dukung dan setuju dengan alat itu, karena untuk meningkatkan PAD daerah,” ujarnya. ***FITRIYANI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK