Home / Nasional / Pilihan Redaksi

Jumat, 7 September 2018 - 01:29 WIB

Ini Persyaratan dan Tahapan Seleksi 238 Formasi CPNS



SUMEDANGONLINE.COM – JAKARTA, Pemerintah membuka lowongan 238.015 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk pengadaan tahun 2018 ini. Sebanyak 51.271 formasi di antaranya untuk instansi Pemerintah Pusat (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (Pemda).

Untuk persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh setiap calon pelamar disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Ditegaskan Menteri PANRB Syafruddin, teknis pendaftarannya dilakukan serentak secara daring/online oleh Panitia Seleksi Nasional yang secara teknis dikoordinasikan oleh Badan Kepegawaian Negara melalui portal pendaftaran daring/online (sscn.bkn.go.id).

Baca Juga  Dibuka Besok, Ini Sembilan Syarat Pelamar CPNS

“Calon pelamar hanya diperbolehkan mendaftar pada satu instansi pemerintah dan satu formasi jabatan,” tegas Syafruddin.

Ia menyebutkan, ada tiga tahapan seleksi pelamar CPNS, yaitu seleksi administrasi, SKD (Seleksi Kemampuan Dasar), dan SKB (Seleksi Kemampuan Bidang). Untuk dapat mengikuti seleksi lanjutan, pelamar harus lolos seleksi administrasi.

SKD, lanjut Syafruddin, merupakan salah satu tahapan setelah pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi. Seperti tahun lalu, pelaksanaan SKD CPNS tahun 2018 ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

“Untuk dapat mengikuti seleksi lanjutan, peserta SKD harus melampaui nilai ambang batas (passing grade) seperti diatur dalam Peraturan Menteri PANRB No. 37/2018 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2018,” ucap Syafruddin.

Baca Juga  Menteri PANRB Ingatkan Aparatur Negara, Besok Masuk Kerja

Menteri PANRB Syafruddin meminta masyarakat memantau informasi mengenai rekrutmen CPNS ini melalui situs Kementerian PANRB yakni menpan.go.id dan situs BKN melalui sscn.bkn.go.id.

Mantan Wakapolri ini juga meminta masyarakat agar tidak mudah percaya terhadap seseorang yang menjanjikan dapat masuk menjadi CPNS.

“Jadi jangan percaya kalau ada pihak-pihak yang menawarkan jasa bisa meluluskan seseorang dengan imbalan sejumlah uang,” imbuhnya. (DNA/Humas Menteri PANRB/ES)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Wabup dan Korpri Sumedang Tanam Seribu Bibit Pohon di Jatigede

Pilihan Redaksi

Konsolidasi Jelang Pilkada 2018, PKS Gelar Kemah Bakti Nusantara

Pilihan Redaksi

Zaenal Purnabakti, Sanusi Mawi Diangkat Jadi Plt Sekda

Pilihan Redaksi

Sitemap

Pilihan Redaksi

IP-Jafar sebut DPP Golkar tunjuk mereka sebagai cabup dan cawabup Sumedang
WARGA melihat dari dekat truk barang bernomor polisi D 8507 CG yang terguling ke jurang sedalam enam meter di Jalan Bandung-Sumedang Betulan Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Ahad 3 Mei 2020. FOTO: HENDI HIDAYAT

Pilihan Redaksi

Hilang Kendali Truk Barang Ini Terguling di Ciherang Sumedang

Pilihan Redaksi

Kang Tatang, korban longsor luput dari perhatian
Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman

Pilihan Redaksi

Sekda Sumedang Pastikan Stock Oksigen di Puskesmas dengan Perawatan Aman