Home / Pilihan Redaksi / Politik

Rabu, 5 September 2018 - 18:13 WIB

Nurhasan Pertanyakan Pagu Anggaran Kemendes Turun



SUMEDANG ONLINE, JAKARTA – Pagu Anggaran Program Prioritas dari Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transmigrasi mengalami penurunan dari Rp 4.5 Triliun menjadi Rp 4.3 Triliun. Hal itu mengemuka dalam rapat kerja bersama antara Komisi V DPR RI, dengan Menteri Desa, Eko Putro Sandjoyo di Jakarta, hari ini (5/9).

Sebelumnya Eko dalam pertemuan yang membahas rencana kegiatan dan anggaran kementrian/lembaga tahun (RKA K/L) 2019. Menyebutkan sejumlah program priortas di antaranya pembangunan kawasan pedesaan, pengembangan daerah tertentu, dan pembangunan daerah tertinggal.

Baca Juga  Bupati Sumedang Minta Inspektorat Selidik Ambruknya Atap Geo Theater

Menyikapi adanya penurunan anggaran, anggota Komisi V, Nurhasan Zaidi, mempertanyakan penurunan pagu anggaran tersebut. ”Mengapa turun? Apakah ada prioritas lain? Atau ketidakmampuan kementerian menyerap anggaran secara optimal demi maslahat masyarakat desa?” Tanya Nurhasan.

Anggota DPR daerah pemilihan Majalengka, Subang, Sumedang ini menambahkan dibangunnya bandara internasional dan Aerocity modern di sekitar desa Ligung, Majalengka, perlu di kawal agar masyarakat bisa diberdayakan bukan terperdayakan.

”Menjadi sebuah kewajiban saya utk mengawal pemerintah demi mengurangi kesenjangan antara kota modern yang mau dibangun dengan kondisi real desa daerah sekitar,” ucap Nurhasan.
”Insya Allah. Kami siap bantu Pak Menteri untuk menyalurkan program prioritas desa seluruh Indonesia yang pastinya sangat membantu pemerintah dalam percepatan daerah pembangunan,” sambungnya.

Baca Juga  Fraksi PKS Gelar Diskusi Publik RUU Sumber Daya Air

Hingga berita ini disusun, rapat masih berlangsung di ruang komisi V untuk mencari mufakat dalam rangka mencari langkah dan solusi terbaik bagi masyarakat khususnya masyarakat desa. Menteri desa menerima usulan dari komisi V dan akan melakukan pendalaman di satuan kerja masing-masing. (fit)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Ditinggal Tunggu Anaknya Sakit, Rumah Mak Edah Ludes Terbakar
Bupati Sumedang, H Dony Ahmad Munir saat mengikuti Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi Covid-19 di wilayah Jawa Bali melalui Video Conference bertempat di Gedung Negara. Rabu, 4 Agustus 2021.

Pilihan Redaksi

Bupati Sumedang Terapkan Sistem Injak Gas dan Rem dalam Penanganan Covid-19

Pilihan Redaksi

Demo Buruh: Dianggap Bodohi Karyawan. Direktur KAS: Dari Media Mana Sih?

Pilihan Redaksi

Nina Yuningsih : Jangan Seperti Membeli Kucing Dalam Karung
Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robyanto dan jajarannya menggelar konferensi pers, Rabu 25 Agustus 2021 kemarin.

Pilihan Redaksi

Satuan Reskrim Polres Sumedang Ciduk Pengedar Upal yang Beraksi di Cibugel

PENDIDIKAN

Demiz: Jangan Ada Anak di Jawa Barat Tidak Sekolah Karena Miskin

Pilihan Redaksi

Doamu: Dana Desa, Instrumen Pembangunan untuk tingkatkan kesejahteraan masyarakat
Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kadu Desa Ganeas, Kecamatan Ganeas, Kabupaten Sumedang, terpantau sepi. Ahad, 24 Mei 2020.

Pilihan Redaksi

Hari Pertama Lebaran, TPU Astana Kadu Ganeas Sumedang Sepi Penziarah