Home / BISNIS / Pilihan Redaksi

Senin, 15 Oktober 2018 - 10:41 WIB

Menuju Sumedang Kreatif, Sumedang Rintis Wirausaha Baru



[DESK] Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir membuka pelatihan Wirausaha Baru yang bekerjasama dengan Disnakertrans Kabupaten Sumedang dan Garuda (Gerakan Wirausaha Muda) Sumedang di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, Senin (15/10/2018.)

Kegiatan tersebut dikatakan Dony, merupakan salahsatu implementasi dari visi misi Sumedang, yakni Sumedang yang kreatif. “Kreatif secara ekonomi, dengan pertumbuhan wirausaha baru dan penambahan tenaga kerja serta pemanfaatan teknologi, serta wifi gratis di tempat strategis,” kata Dony Ahmad Munir dalam sambutannya.

Dikatakan Dony, kegiatan pelatihan yang dibuka resmi hari ini, akan berlanjut sampai dengan peserta dianggao mampu menjadi pengusaha baru. Outputnya adalah setelah mereka menyelesaikan pelatihan, akan langsung diberikan ijin usaha, npwp, modal kerja dan order dari pasar.

Baca Juga  Ikke Nurjanah Menikah, Laman Medsosnya Dibanjiri Ucapan Selamat

“Dengan demikian, maka kami berharap pelatihan ini akan berdampak secara ekonomi, bisa merekrut tenaga kerja, dan meningkatkan kesejahteraan. Satu lagi, bahwa pelatihan ini bukan hanya untuk menggugurkam kewajiban menunaikan janji, tapi harus dilanjutkan dengan output yang jelas. Sehingga, alumni pelatihan ini langsung kerja,” Jelas Dony.

Ditempat yang sama hadir Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dikdik Sadikin, mengatakan bahwa ini kolaborasi Disnakerstrans dan Garuda Sumedang diharapka akan melahirkan wirausahawan muda yang kompeten.

Jumlah peserta pelatihan ada 64 orang, yang terdiri dari 32 orang pelatihan aplikator Baja Ringan dan 32 pelatihan Kreasi Alumunium. Ini merupakan salah satu kegiatan yang menjadi yugas kementrian tenaga kerja.

Baca Juga  Tuntut sisa pembayaran Jalan Tol Cisumdawu, warga Sabagi sempat blokir jalan

Sedangkan sebagai pelaksana pelatihan, sekaligus Direktur Garuda, H Nana Mulyana sangat berharap pelatihan perdana yang dibuka Bupati, Kampung Alumunium berada di Desa Sukamenak. Kebutuhan akan hasil produksi bisa dijual dan sangat dibutuhkan baik di Jawa Barat maupun di Sumedang. Pasarnya sangat potensial.

Dalam kesemempatan yang Sama, Garuda juga meminta Bupati untuk melaunching Garuda Goes To School, dalam rangka menumbuhkan minat bagi siswa wirausaha sejak sekolah. [fit/iwan]

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

BISNIS

Viral “Bengras Panganten”, Album Anyar Fanny Sabila
Camat Cibugel Kabupaten Sumedang, Cicin Sondali, S.Sos

Pilihan Redaksi

Empat Kali Sehari Desa di Kecamatan Cibugel Sumedang Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Pilihan Redaksi

Indo Barometer Bantah Lakukan Survei Caleg DPR RI Dapil SMS (Sumedang Majalengka Subang)

Pilihan Redaksi

Kodim 0610/Sumedang-BKSDA Hijaukan Lahan Seluas 174 Ha di Blok Patamon Pamulihan

OLAHRAGA

Tambah Dua Emas, Panjat Tebing Indonesia Runner Up Kejuaraan Asia 2017

Pilihan Redaksi

Eni Kembali Daftar Calon Anggota DPD RI

Pilihan Redaksi

Atikan Kasenian di Sakola, Napak dina Budaya Bangsa

Nasional

Kemendes PDTT Perkuat Kerja Sama dengan Kejaksaan Agung