Pilihan Redaksi, SUMEDANG

Garuda Menerima Bantuan Modal dari Pemkab Sumedang

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi

SUMEDANG – Peserta pelatihan Gerakan Melalui Wirausaha Muda (Garuda) menerima bantuan modal dari pemerintah Kabupaten Sumedang. Bantuan tersebut diserahkan kepada 350 peserta secara simbolis oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, di Pendopo IPP, Senin (17/12/2018).

Adapun bantuan yang diberikan berupa mesin babad rumput, mesin rostring kopi, pisau rajang, cultivator, power sprayer dan lainnya, Sumber anggaran berasal dari DBH CHT dan APBD Kabupaten Sumedang.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Untuk pelatihan yang telah diikuti oleh para peserta diantaranya, pelatihan budidaya jamur tiram, pelatihan meubeler, palatihan mekanik sepeda motor, pelatihan desain aplikasi baja ringan, pelatihan budidaya ternak bebek,dan pelatihan lainnya.

Baca Juga  Dua Kecamatan Belum Tersentuh RTLH

Dalam laporannya Kepala Bagian Ekonomi sekaligus Ketua Panitia Deni Tanrus menyebutkan kegiatan tersebut bertujuan, untuk meningkatkan daya saing masyarakat baik dalam rangka pengembangan kewirausahaan maupun dalam upaya penyerapan ketenagakerjaan.

“Dan hal ini juga dalam proses pencapaian Visi Misi Sumedang Simpati tahun 2019-2023. Terkhusus dalam proses pemanfaatan DBHCHT, akan dilakukan kegiatan secara terpadu dan terintegrasi dimana satu sasaran program kegiatan secara bersama-sama dilaksanakan oleh beberapa SKPD dengan jenis kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing,” ungkapnya.

Baca Juga  Kemenpora Bagikan Maskot Asian Games

“Dengan harapan tingkat keberhasilan dari pelaksanaan kegiatan tersebut akan lebih terarah, bergaya guna dan berhasil guna,” lanjutnya.

Bupati Sumedang, H Dony Ahmad Munir mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi atau pelaksanaan misi Sumedang Simpati yang ke lima yaitu kreatif ekonomi.

“Dan ini merupakan salahsatu cara dalam rangka menyiptakan lapangan pekerjaan, dengan melalui  program Garuda. Dimana para pemuda dilatih kewirausahaannya dan keterampilannya setelah itu pemerintah akan membantu dalam pemasarannya dan diharapkan nantinya akan bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga  Panen Serentak, Harga Gabah Kering Merosot

Dikatakan Bupati juga bahwa peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan terbanyak (didominasi) dari warga OTD Jatigede, yang tersebar di beberapa relokasi. ”Dengan kegiatan pelatihan ini akan menjadi salah satu solusi bagi masyarakat Jatigede dan mempunyai manfaat,” katanya. [suhaya]

Tinggalkan Balasan