ISTIMEWA/SUMEDANG ONLINE

Ini Kronologis Suzuki Jimy Nyemplung ke Sungai Cipeles

SUMEDANG – Suzuki Jimy warna hitam Nopol F 1672 UV tercebur sungai Cipeles. Mobil tersebut terseret setelah longsor terjadi pada tembok penahan tanah (TPT) Rumah Makan Tahu Saribumi persis di Jembatan Jalan Terusan Sebelas April Desa Rancamulya, Kecamatan Sumedang Utara, sekira pukul 17.40, Sabtu (15/12/2018).

Informasi diperoleh pada saat kejadian Rahmat Saefullah Gunawan yang akrab disapa Kace tengah makan di rumah makan tersebut. Sesaat setelah hujan deras mengguyur kawasan itu ada retakan tanah. Kace sebelumnya sudah diperingatkan untuk memundurkan kendaraannya oleh Agus, karena sudah terlihat retakan. Sementara kendaraan Agus selamat, karena sudah digeserkan dari lokasi kejadian, termasuk sejumlah motor lainnya.

“Pas hujan itu memang sudah terlihat ada retakan, dan mobil A Agus dan sejumlah mobil lainnya sudah digeser. Mungkin karena, terlihat masih jauh mobil A Kace tidak digeser, dan ternyata longsoran itu menggeser mobil tersebut dan tercebur ke sungai,” sebut Nina.

Kasie Perencanaan Evaluasi Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sumedang, Harri Bagia, menyebutkan penyebab longsor karena curah hujan yang tinggi, menyebabkan retakan tembok sebelah kiri jembatan dari Arah Situraja-Sumedang. “Tapi retakan-retakan itu belum sempat kami periksa, karena baru kejadian. Kita baru melihat terjadinya longsor,” ujar Harri pada Sumedang Online. [fit]