Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Selasa, 18 Desember 2018 - 16:42 WIB

Tak Hanya Diobati, Penderita Kaki Gajah Ini Terima Bantuan dari Pemkab Sumedang



SUMEDANG – Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan, mengunjungi Yuyu, penderita kaki gajah (filariasis) di Dusun Pasir RT 03 RW 05 Desa/Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang, Selasa (18/12/2018).

Informasi diperoleh, sudah 10 tahun terakhir Yuyu yang kesehariannya bekerja sebagai buruh tani menderita penyakit itu. Kedua kakinya membengkak, dan warga sekitar menyebutnya sebagai kaki gajah. Meskipun sebut Erwan, belum didiagnosa, penyakit apa yang sebenarnya menimpa kakek berusia 64 tahun itu.

Dikatakan Erwan, pihaknya menerima laporan dari warga, jika Yuyu kakinya bengak. Karena itu, dirinya langsung berkoordinasi dengan instansi terkait langsung terjun ke lapangan guna memastikan kondisi keberadaan Pak Yuyu.

”Setelah kami kroscek, selain menderitan penyakit yang mirip kaki gajah, kondisi rumah Pak Yuyu pun termasuk kategori Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). Sehingga, Pemkab Sumedang memberikan bantuan tidak sebatas medis namun juga akan merenovasi rumah Pak Yuyu melalui program Rutilahu,” ucapnya.

Baca Juga  19 Jamaah Calon Haji Wafat di Tanah Suci. Ini Daftarnya

Erwan mengaku terharu, saat Pa Yuyu memaparkan bahwa, penyakit yang deritanya sudah 10 tahun dilaluinya. Meski demikian, Pemkab Sumedang terus berupaya dalam memberikan kontribusi kepada masyarakatnya, khususnya bagi warga yang tidak mampu.

“Pak Yuyu ini tinggal bersama istrinya, dan beliau tidak memiliki anak. Keseharian Pak Yuyu ini adalah mengambil daun cengkeh dari perkebunan disekitar Dusunnya. Beliau menjual daun cengkeh itu seharga Rp 1300/Kg, ini yang membuat saya sedih. Atas kondisi beliau, Saya langsung instruksikan kepada Dinas Kesehatan, Camat dan Kepala Desa agar membantu Pak Yuyu, karena saya tidak mau ada warga saya yang mengalami kesulitan, dan selama saya menjabat saya akan bekerja keras dan terus memperhatikan warga Sumedang,” tandasnya.

Baca Juga  Ini Formasi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Sumedang

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Sumedang Ai Andriani, menyampaikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang akan secepatnya menanggulangi kondisi Yuyu.

“Kami belum bisa memastikan secara medis diagnosanya, apakah positif filariasis atau negatif. meski secara fisik, memang ada kemiripan dengan kaki gajah. namun, secepatnya Dinkes Sumedang akan memfasilitasi penanganan penyakit yang diderita Pa Yuyu melalui RSUD Sumedang,” tandasnya. [fit]

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Jumlah Pengunjung Wisata Religi Gunung Puyuh Menurun Dibanding Saat Lebaran

SUMEDANG

BREAKING NEWS: Waspada, Jalan Nasional di Kawasan Bugel Tomo Amblas

Pilihan Redaksi

Duta Besar RI Untuk Jepang Apresiasi Ubi Cilembu Sumedang
Rukun Warga 01 Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor mendapat Bantuan Sembako dari Dekan Fisip Unpad sebanyak 100 Paket.

SUMEDANG

#LawanCorona Dekan Fisip Unpad Bantu 100 Paket Sembako

SUMEDANG

Herman: Dapat IGA, berharap Presiden RI dari Sumedang

Pilihan Redaksi

Doamu Esa Ucapkan Selamat untuk Rifdah, Juara Dunia MHQ

PENDIDIKAN

IGI Sumedang Prihatin Upah Guru Honorer di Daerah Jauh dari UMK

Pilihan Redaksi

Bantuan Pangan Non-Tunai Mulai Disalurkan di Sumedang Utara