Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Minggu, 16 Desember 2018 - 00:54 WIB

TPT Saribumi Longsor, Baru Dua Tahun Diperbaiki. Bagaimana Kondisi Jembatan?



SUMEDANG – Tembok Penahan Tanah (TPT) yang mengalami longsor di Sungai Cipeles, tepat di Jembatan Cipeles Rancamulya, Jalan Terusan Sebelas April, Desa Rancamulya, Kecamatan Sumedang Utara, ternyata baru dua tahun diperbaiki. Debit air yang cukup tinggi, menyebabkan abrasi dan tanah longsor pada TPT tersebut, sebuah suzuki Jimy warna Hitam bernomor polisi F 1672 UV yang terparkir di lokasi kejadian terseret dan nyemplung ke sungai.

Kasie Perencanaan Evaluasi Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sumedang, Harri Bagia, tak menampik jika TPT itu baru dua tahun diperbaiki. “Iya betul, sebelumnya ada renovasi karena ada pelebaran jembatan di Rancapurut ini, tahun 2016. Memang ini sudah dua tahun,”

Baca Juga  Dedi Mulyadi sentil truk melebihi tonase dan galian c

Disinggung apakah retakan yang terjadi di sekitar jembatan tersebut akan berpengaruh pada jembatan yang juga baru di renovasi dan diperlebar menjadi 7 meter dengan anggaran saat itu mencapai Rp 9,7 miliar. Meski belum diperiksa secara detail, Harri memastikan, jembatan Cipeles Rancamulya dalam kondisi aman. “Retakan-retakan ini sebetulnya tidak membahayakan jembatan, jadi konstruksi jembatan aman. Tapi memang ada longsoran di sebelah kiri dari jembatan,” ungkapnya.

Baca Juga  Arus Lalu Lintas Tanjungsari-Rancakalong Tersendat, Longsor

Rencananya untuk perbaikan jembatan tersebut akan dilakukan dengan side fill, sayap beton. “Itu mungkin rencana awal, mudah-mudahan di 2019 bisa dianggarkan. Jadi perbaikan menunggu dulu anggaran,” sebutnya.[fit]

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Ini 16 Parpol yang Bakal Tampil Pada 2019

SUMEDANG

PN Sumedang Gelar Sidang Perdana, Berandal Motor

Pilihan Redaksi

Asep Sumaryana: Ini Solusi untuk Relokasi APK Doamu Esa

FEATURE & OPINI

Bolehkah Guru “Kaya”

Pilihan Redaksi

Pabrik Tahu Terbakar, Kerugian Miliaran Rupiah
Kepala Diskominfo Sandistik, Iwa Kuswaer saat membacakan SiaranPerkembangan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Kabupaten Sumedang

Pilihan Redaksi

Jumlah Positif Hasil Swab di Sumedang Bertambah Dua Orang

Nasional

Menpan: Lapor! Cepat Apabila Ada Pungli Oknum PNS

Pilihan Redaksi

Namanya Disebut Kandidat Calon Ketua DPD Golkar Sumedang, Ini Tanggapan Akur