Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 1 Agu 2023 12:06 WIB ·

Sambut Tahun Baru Islam, Cisarua Gelar Ritual Hajat Lembur

Reporter: Fitriyani Gunawan | Editor: Fitriyani Gunawan


 Masyarakat adat Dusun Ciwaru Desa Cisarua Kecamatan Cisarua, menggelar ritual menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah. Senin, 31 Juli 2023 malam. Perbesar

sumedangkab/SUMEDANG ONLINE
Masyarakat adat Dusun Ciwaru Desa Cisarua Kecamatan Cisarua, menggelar ritual menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah. Senin, 31 Juli 2023 malam.

SUMEDANG – Masyarakat adat Dusun Ciwaru Desa Cisarua Kecamatan Cisarua, menggelar ritual menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah. Senin, 31 Juli 2023 malam.

Peringatan yang dipadukan dengan ritual hajat lembur ini menampilkan beragam acara diantaranya kirab, upacara adat pangbagya, sedekah kubro, tawasul, ngaguar falsafah, nyawer Nyai Sri, celempungan, makan bersama, dan ketuk tilu. Ratusan warga dari mulai kalangan anak-anak, hingga dewasa mengikuti dan menyaksikan acara tersebut.

Ketua Panitia, Acep Manggala, mengatakan bahwa di Dusun Ciwaru ini sebuah acara meriah dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam merupakan yang pertama kali digelar.

“Sebelumnya suka ada namun tak sebesar ini, hanya ngabubur syuro saja. Tapi sekarang kami kolaborasi dengan semua elemen masyarakat yang ada d Ciwaru,” katanya.

Tujuannya, sambung Acep, pihaknya ingin menggali, memperkenalkan, dan melestarikan budaya leluhur yang saat ini dinilai sudah susah dikenal oleh generasi sekarang. Adapun makna dari kegiatan tersebut, warga bisa bersatu, guyub lewat seni budaya, saluyu sabilulungan, dan gotong-royong.

“Jadi ada nilai yang berlaku di tanah kami yang dirasa sekarang mulai menghilang. Makannya kami mulai menggali dulu, lalu kami perkenalkan ke generasi selanjutnya, dan untuk dilestarikan nilai-nilai tersebut,” ujarnya.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang, Budi Akbar, yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan, pemda sangat mengapresiasi kegiatan tersebut

“Ini budaya yang masih lestari di Cisarua. Banyak nilai-nilai budaya yang patut dicontoh, ditiru, diterapkan ke peserta didik yang masih layak dikembangkan, dimanfaatkan, dan dijaga kelestariannya ntuk memberikan edukasi kepada para generasi kekinian terkait nilai budaya yang terkandung didalamnya,” papar Budi.

Lebih jauhnya diharapkan kegiatan itu tetap berlanjut dan dilakukan secara kontinyu. Sebab menjadi implementasi Sumedang Puser Budaya Sunda (SPBS).

“Sangat menunjang kami di Bidang Kebudayaan. Yaitu terkait perlindungan, pemanfaatan warisan budaya. Kegiatan ini harus berjalan secara konsisten, sehingga bisa diupayakan mendapat dukungan lebih dari pemerintah,” tuturnya. ***

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Pj. Bupati Sumedang Lepas 440 Calon Jamah Haji Gelombang 2

2 Juni 2024 - 15:24 WIB

Pj Sumedang, Yudia Ramli ddampingi Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sumedang melepas sebanyak 440 orang calon jamaah haji asal Kabupaten Sumedang yang tergabung alam gelombang 2 kloter 23 di Halaman Mall Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang. Minggu, 2 Juni 2024.

Pasca Umrah Wajib, Kondisi 135 Jamaah Haji KBIH Annur dalam Kondisi Sehat

31 Mei 2024 - 09:17 WIB

Sebanyak 135 orang jamaah haji kelompok terbang (kloter) 8 dari KBIH Annur baru saja menyelesaikan umrah wajib saat tiba di Makkah Arab Saudi. Jumat, 31 Mei 2024 Waktu Arab Saudi.

Ada 93 Kades di Sumedang Diperpanjang 2 Tahun Lagi

31 Mei 2024 - 01:03 WIB

Ilustrasi

Wakili Sumedang, Desa Mulyasari Sabet Juara 3 Lomba TTG Posyantek Jawa Barat 2024

28 Mei 2024 - 19:52 WIB

Penghargaan diterima Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Pembangunan dan Kerjasama Desa DPMD Sumedang, Prama Prameswara, mewakili jajaran pemerintahan Kabupaten Sumedang dalam acara yang digelar di Cimahi Tecno Park, Selasa 28 Mei 2024.

Kaya akan Prestasi, SMPN 3 Sumedang Mampu Kembangkan Potensi Siswa

27 Mei 2024 - 09:46 WIB

Ketua KPU Sumedang Lantik 831 Anggota PPS

26 Mei 2024 - 12:22 WIB

Trending di Pilihan Redaksi