Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Jumat, 5 Juli 2019 - 14:34 WIB

Satpol PP Sumedang Tutup Sementara Galian C di Gunung Padang



SUMEDANG.ONLINE — Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumedang menutup sementara galian C yang berada di Gunung Padang, Desa Sarimekar, Kecamatan Jatinunggal, Kamis, 4 Juli 2019.

Menurut Deni Hanafiah selaku Kepala Bidang Penegakkan dan Perundang- undangan Daerah Kabupaten Sumedang pada Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumedang membenarkan adanya penutupan sementara itu. Disebutkab dia, pihaknya melakukan inpeksi mendadak ke lokasi galian C karena adanya laporan dari masyarakat.

“Kita merespon cepat adanya pengaduan dari masyarakat. Ada galian yang berpotensi membahayakan lingkungan sekitarnya, makanya saya langsung merespon ke tempat itu.
Setelah dicek memang lamping. Saya sarankan untuk melakukan reklamasi. Kalau diambil batunya bisa dibuatkan terasering sambil dibenahi supaya tidak terjadi longsor jika terjadi hujan,” ujar Deni saat dihubungi Reporter Sumedang Online, Iwan Rahmat Purnama melalui sambuban telepon, Jumat, 6 Juli 2019.

Baca Juga  Tahun Politik, Kapolres Sumedang Minta Jaga Kondusifitas

Disinggung mengenai izin galian tersebut, disebutkan Deni menurut keterangan dari pemilik galian tersebut masih dalam proses di tingkat provinsi.

Baca Juga  Camat Akui Pandemi Covid-19 Pengaruhi Realisasi Kinerja yang Diperjanjikan

“Izinnya selama ini memang masih dalam proses. Sudah ada resi resi untuk memproses perizinan. Kemarin kan kita minta penutupan sementara. Kami juga minta diperbaiki masalah sosialnya. Beri masyarakat konvensasi,” jelasnya.

Ditanya kenapa tidak ditutup permanen, dia beralasan hal itu menurutnya sebuah dilematis karena sebagian masyarakat sana bekerja di proyek tersebut.

“Karena kalau ditutup permanen dilematis juga karena ada sebagian masyarakat juga yang bekerja di sana,” ungkapnya. (IWAN)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Warson: Apdesi Bukan Asosiasi Kepala Desa Tapi Juga Perangkatnya

SUMEDANG

Genjot Pembangunan, DPPKAD Bidik Pendapatan PBB-P2

Pilihan Redaksi

Imbas pembuangan disposal tol Cisumdawu, jembatan ini kerendam banjir
Puluhan remaja lulusan SMA dan yang masih duduk di bangku SMA mengikuti pelatihan di Kodim 0610/Sumedang, Jumat 25 September 2020.

SUMEDANG

Kodim 0610, Latih Pemuda-Pemudi Jadi Calon Prajurit Tangguh

Pilihan Redaksi

Ratusan Buruh Unras di IPP Sumedang
GUBERNUR Jabar Ridwan Kamil saat meninjau rapid test drive-thru Covid-19 di Bale Kota Bandung, Sabtu (4 April 2020). FOTO Humas Jabar

Nasional

Gubernur Ajak Warga Jabar Disiplin Cegah Penyebaran COVID-19
Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir usai menggelar Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan dengan Para Pengusaha UMKM, Perhotelan Supermarket, Pariwisata dan Perdagangan di Pendopo IPP Setda Kabupaten Sumedang. Sabtu, 30 Mei 2020.

Pilihan Redaksi

Pengusaha Sumedang Bandel Saat AKB Bakal Disanksi Tegas, Usahanya Bisa Ditutup
Peserta Musda X DPD Partai Golkar Sumedang yang batal digelar hari ini.

Pilihan Redaksi

Perwakilan Mahkamah Partai Tak Hadir, Musda X DPD Partai Golkar Sumedang Diundur