Home / KESEHATAN / Pilihan Redaksi

Kamis, 19 September 2019 - 00:17 WIB

10 Orang Keracunan Kopi Cleng dan Jantan, Dinkes: Masyarakat Harus Jeli



SUMEDANG.ONLINE — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang merespon cepat adanya kasus keracunan terhadap sepuluh warga Sumedang yang diduga keracunan dua merek kopi yang berbahan kimia berbahaya. Kedua merek kopi itu yakni Cleng dan Jantan.

Sebelumnya pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bandung, memastikan jika kedua produk tersebut illegal dan tidak layak edar. Hal itu diperkuat dengan palsunya nomor edar dan nomor PIRT yang berada pada kemasan produk kopi Cleng dan Jantan.

Baca Juga  Halo pemerintah ini doa bocah terhadap banjir tahunan

“Terkait dengan adanya kejadian keracunan ini, pihak Dinas Kesehatan telah melakukan beberapa kegiatan. Kita berkoordinasi lintas sector dan program. Lintas Sektor kita sudah dengan rumah sakit, sudah dengan BPOM bahkan dengan kepolisian dan Kodim serta Disperindag baru akan kita lakukan,” terang Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dr. Reny K Anton.

Dikatakan dia dari sisi lintas program pihaknya bekerjasama dengan Kesling, Promkes, Seksi Farmasi dan Yankes telah bergerak untuk menindaklanjuti dan melakukan satu gerakan secara massif ke lapangan agar tidak terjadi lagi, tidak menambah banyak korban.

Baca Juga  Peringatan Hari Santri Nasional di Sumedang Meriah

“Saran kami dari Dinkes Kabupaten Sumedang adalah bahwa masyarakat harus lebih jeli dalam memilih minuman dan makanan. Bukan hanya sekadar melihat expire date nya kapan tetapi izin edarnya, seperti dalam kasus ini izin edarnya sudah ada yang dicabut dan sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Masyarakat harus lebih berhati-hati lagi demi menjaga kesehatannya,” ungkapnya.(UYA SUHAYA)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

KABAR HAJI

Hari Kedua, 4 Kloter Terbang ke Tanah Suci dari Embarkasi Jakarta-Bekasi

Pilihan Redaksi

Sebelum Dibangun Jembatan Darurat, Karyawan Pabrik Tekwan Melintas Sungai

Pilihan Redaksi

Tingkatkan Kualitas Aparatur Pemdes, 93 Kades Dilatih Management Character Building

OLAHRAGA

Menpora Akan Fasilitasi Lalu Bertemu Jokowi

PENDIDIKAN

SMK YPPS Luncurkan Buku Analekta Puisi Larena

PENDIDIKAN

Ayo Daftar, Paket Belajar Masyarakat Diperpanjang Hingga 31 Agustus 2019
Beberapa bagian rumah Mak Anah di Dusun Cempaka Putih RT 03 RW 06 Desa Cigendel, Kecamatan Pamulihan terlihat dalam kondisi rusak.

Pilihan Redaksi

Ada di Tanah Kas Desa Rumah Mak Anah Tak Tersentuh Rutilahu

Pilihan Redaksi

Gerindra Sumedang Sumbang Disinfektan dan Handsanitizer