74 Tahun Berkiprah, PMI Sumedang Dorong Ketersediaan Darah

SUMEDANG.ONLINE — Jajaran pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumedang dan Palang Merah Remaja (PMR) menggelar operasi bersih pungut sampah plastik. Kegiatan ecogreen itu merupakan bagian dari rangkaian memperingati Hari Jadi ke-74 PMI dan Hari Kebersihan Dunia.

“Kita tadi mengadakan operasi bersih (Opsih) seputaran Kota Sumedang, ini khususnya untuk sampah-sampah plastic. Jadi kita sudah mulai membuat kegiatan yang sifatnya ecogreen, mudah-mudahan bias membantu juga PMI dalam hari kebersihan dunia, yang jatuh pada tanggal 21 September 2019,” ujar Agus S Rasjidi selaku Ketua PMI Kabupaten Sumedang usai upacara peringatan HUT ke-74 PMI di Kantor PMI Kabupaten Sumedang, Selasa (17/9).

Selain itu sebut dia, untuk mendorong ketersediaan darah, pihaknya akan melakukan donor darah secara massal dengan salahsatu pengembang perumahan terbesar di Indonesia. Dia menargetkan dari kegiatan amal itu akan terkumpul sedikitnya 600 labu kantung darah.

Baca Juga  UN dan Ujian Sekolah di Jabar Ditunda

Sementara untuk menjaring kalangan milenial agar terbangkit gairahnya dalam kegiatan social khususnya pada donor darah. PMI, dikatakan Agus dalam waktu dekat ini akan menggelar PMI Go To School.

”Akan melakukan sosialisasi kegiatan kepada setiap sekolah untuk membangkitkan gairah terutama generasi muda untuk melakukan kegiatan donor darah, ataupun kegiatan lain untuk membantu kebencanaan di kelompok PMR maupun KSR. Untuk masyarakat professional pun kami mengundang beberapa diantaranya dari IDI dari Lembaga masyarakat sosial lainnya, OKP untuk bergabung dengan kami di tenaga sukarelawan,” imbuhnya.

Lanjut dia, dengan adanya tenaga sukarelawan itu ketika masyarakat terkena musibah bencana. Pihaknya telah siap karena telah memiliki tim yang tangguh yang akan turut serta membantu masyarakat yang terkena bencana.

Baca Juga  Selingkuh dengan yang bersuami, Jasman babak belur

Sementara itu secara khusus, Agus pun memberikan apresiasi terhadap keberadaan Palang Merah Remaja (PMR). Apalagi selama ini pihaknya memang masih kekurangan personel, saat ini personel yang ada di PMI Sumedang hanya berjumlah 20 orang.

“PMR sangat membantu, karena di PMI kan hanya beberapa orang yang standby. Setiap malam atau mereka setelah pulang sekolah selalu membantu kita dalam piket di sini, PMI. Jadi seperti kemarin terjadi bencana kebakaran, mereka ikut membantu,” bebernya.

Sementara itu Asisten Daerah, Endah Kusyaman, memberikan apresiasi dengan adanya PMI Kabupaten Sumedang karena selama ini kiprahnya sangat dirasakan membantu. Karena itu, sebut Endah, Pemda Sumedang akan meningkatkan anggaran untuk kegiatan PMI Kabupaten Sumedang.

Baca Juga  Enam RW di Desa Margalaksana Sumedang Disemprot Disinfektan

Bahkan dalam rangka Bulan PMI di Kabupaten Sumedang, pihaknya menargetkan dapat terkumpul dana senilai Rp 800 juta. Karena itu pihaknya mengimbau masyarakat Sumedang untuk dapat membantu bulan dana PMI tersebut dengan menyumbangkan bantuan senilai Rp 2 ribu.

“Mengimbau ke masyarakat Sumedang untuk bisa berkontribusi membantu bulan dana PMI. Bulan dana PMI ini telah didisitribusikan untuk kupon ke masyarakat melalui kecamatan kecamatan di 26 kecamatan mudah-mudahan ini bisa tercapai target kurang lebih 800 juta rupiah yang telah disebarkan. Sehingga dengan tercapainya target ini, PMI bisa lebih meningkat khususnya di dalam rangka untuk mendukung kegiatan kegiatan sosial,” pungkasnya. (IWAN RAHMAT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK