Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 12 Jun 2020 09:05 WIB ·

AKB Sumedang, Semua Layanan Puskesmas Kota Kaler Sudah Dibuka

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Kepala UPTD Puskesmas Rawat Inap Kota Kaler Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang, Maya Rosmayati, saat memberikan keterangan pers pada wartawan SUMEDANGONLINE. Jumat, 11 Juni 2020.

IWAN RAMAT/SUMEDANGONLINE BERI KETERANGAN: Kepala UPTD Puskesmas Rawat Inap Kota Kaler Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang, Maya Rosmayati, saat memberikan keterangan pers pada wartawan SUMEDANGONLINE. Jumat, 11 Juni 2020.

SUMEDANG — Kepala UPTD Puskesmas Rawat Inap Kota Kaler Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang, Maya Rosmayati, menyebutkan seluruh pelayanan selama adaptasi kebiasaan baru (AKB) sudah mulai dibuka. Hanya saja tetap dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Pada saat ini, masa AKB sekarang. Kita membuka semua pelayanan tapi tetap dengan menggunakan protaf kesehatan kita pakai,” ujar Maya pada SUMEDANGONLINE di ruang kerjanya. Jumat, 12 Juni 2020.

Pemberlakuan protaf kesehatan yang ketat dilakukan Puskesmas Kota Kaler tak hanya pada masa AKB tapi juga pada saat PSBB berlangsung. Diantaranya sebut Maya, pihaknya membatasi pelayanan. Termasuk juga pengunjung yang datang, harus terlebih dahulu melalui screening dan memiliha pasien yang infeksius dan non-infeksius.

Baca Juga  Jaga Kebersihan, GP Ansor Bersihkan Lapangan Gudang dari Sampah

“Kita dipelayanan betul betul membatasi. Dari depan kita lakukan screening untuk memilah dan mendata pasien yang datang. Apakah yang infeksius atau yang non-infeksius. Kemudian kita juga mendata apakah yang datang itu, didata apakah pernah dikunjungi atau berkunjung ke daerah daerah zona merah,” jelasnya.

Setelah melewati protokol kesehatan yang ketat. Pengunjung baru dapat masuk ke area Puskesmas Kota Kaler. “Kemudian di area kita sendiri, jarak satu meter antarkursi di kursi tunggu tersebut,” jelasnya.

Ditanya apakah saat dilakukan screening ada pasien yang diindikasi suhunya tinggi. Maya menyebutkan selama PSBB hingga AKB sejauh ini belum ada pasien yang bersuhu tinggi.

Baca Juga  Dua Rumah Terbakar di Jatinunggal Sumedang, Korban Langsung Pingsan

“Sampai saat ini selama pemberlakuan PSBB dan dan dilaksanakan screening sebelum lakukan pelayanan, tidak pernah atau ada pasien yang berkunjung dengan suhu 38 derajat celcius,” ungkapnya.

Selama PSBB Pertama lanjutnya banyak layanan yang memang dibatasi seperti tak adanya kunjungan sehat. Namun, memasuki PSBB ke dua dan AKB, Puskesmas Kota Kaler mulai memberlakukan kunjungan sehat tersebut. Di antaranya dikatakan Maya, pihaknya melakukan imunisasi dan pelayanan ibu hamil. *IWAN RAHMAT*

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 86 kali

Baca Lainnya

Pasca Insiden Unras, 135 Anggota Ormas GMBI Asal Sumedang Kena Sanksi Wajib Lapor

28 Januari 2022 - 17:58 WIB

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, saat memberikan arahan pada 135 anggota GMBI Sumedang di Mapolres Sumedang. Jumat, 28 Januari 2022.

Disparbudpora dan DPMPTSP Sosialisai OSS ke Pengelola ODTW di Sumedang

27 Januari 2022 - 17:25 WIB

Sebanyak 25 pengelola object daya tarik wisata (ODTW) di Kabupaten Sumedang mendapat sosialisasi Online Single Submission (OSS). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dan DPMPTSP Kabupaten Sumedang di Objek Wisata Pangjugjugan Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan. Kamis, 27 Januari 2021.

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.
Trending di SUMEDANG