Home / Nasional

Kamis, 2 Juli 2020 - 22:34 WIB

Atalia Sebut Keluarga Berperan Penting Tumbuhkan Kebiasaan Membaca Anak

Bunda Literasi Jabar Atalia Ridwan Kamil meninjau Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi di Perpustakaan Mutiara Ilmu Desa Ciparay, Kabupaten Bandung, Kamis (2/7/2020).

YOGI P/HUMAS JABAR TINJAU LOMBA: Bunda Literasi Jabar Atalia Ridwan Kamil meninjau Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi di Perpustakaan Mutiara Ilmu Desa Ciparay, Kabupaten Bandung, Kamis (2/7/2020).


KAB. BANDUNG, SO — Bunda Literasi Jawa Barat (Jabar) Atalia Ridwan Kamil mengatakan, kebiasaan membaca pada anak muncul karena kebiasaan membaca sejak dini dalam keluarga.

Jika terbiasa membaca sejak dini, anak-anak ini dinilai mampu membuat learning society atau masyarakat pembelajar hingga dewasa.

“Kebiasaan membaca itu dimulai sejak kecil, bukan bawaan lahir. Kebiasaan baik itu dicontohkan oleh orang tua di rumah, sehingga di rumah pun ada baiknya selalu menyediakan buku-buku bacaan,” ucap Atalia saat meninjau Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi, di Perpustakaan Mutiara Ilmu Desa Ciparay, Kabupaten Bandung, Kamis (2/7/2020).

Baca Juga  Buku 4 Tahun Kerja Presiden Jokowi, Sesmenpora Sampaikan Kesuksesan Asian Games 2018

“Anak-anak yang biasa membaca sejak kecil cenderung akan membuat learning society sendiri, jadi kebiasaan belajar membaca di rumah,” tuturnya.

Atalia menambahkan, pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota di Jabar sudah menggulirkan berbagai program untuk mendekatkan buku kepada masyarakat, antara lain memberdayakan perpustakaan desa, perpustakaan sekolah-sekolah, hingga program Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar yakni Kolecer (Kotak Literasi Cerdas) dan Candil (Maca Dina Digital Library).

Menurut Atalia, program-program tersebut memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses buku di lingkungannya, termasuk di masa pandemi COVID-19, masyarakat dapat memanfaatkan buku dengan memanfaatkan Candil.

Baca Juga  Pergub Jabar Nomor 60 Tahun 2020 Akan Didorong Menjadi Perda

“Saya kira yang paling penting adalah masyarakat bisa mengakses (buku) di mana pun, maka kita serbu di semua lini (dengan program) mulai dari keluarga, di Puskesmas, di sekolah, di desa, hingga melalui Kolecer. Saya kira jika itu dilakukan simultan secara bersama-sama, orang tidak akan kesulitan untuk mendapatkan buku,” ujar Atalia.

“Termasuk ketika tempat tinggal masyarakat jaraknya jauh dari akses buku terdekat atau harus tinggal di rumah (karena pandemi), kita punya Candil. Insyaallah semua bisa dilakukan, yang terpenting adalah membiasakan dulu di rumah agar anak-anak gemar membaca,” katanya. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Nasional

Ini Hari Libur dan Cuti Bersama Berdasarkan Revisi SKB Tiga Menteri
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Ridwan Kamil dalam jumpa pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (12/6/20).

Nasional

PSBB Jabar Dilanjutkan 26 Juni dan 2 Juli 2020 untuk Wilayah Bodebek
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

Nasional

Tanggulangi Covid 19, Jabar Bentuk Forum Perguruan Tinggi

Nasional

Libur Panjang Lebaran, PNS dan Buruh Ini Aturannya

Nasional

Presiden Cek Realisasi Kenaikan Tunjangan Kinerja Babinsa
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat melakukan kunjungan kerja di Pondok Pesantren Bai Mahdi Sholeh Ma’mun, Pabuaran, Kota Serang, Banten. Jumat, 13 Agustus 2021.

Nasional

Tahun 2022 Seluruh Anak Yatim Rencananya Bakal Dibantu Negara

Nasional

Yu! hadiri acara angklung pride ke Tujuh di Saung Udjo
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berencana akan memperluas pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu dikatakannya saat rapat evaluasi pelaksanaaan PSBB di Gedung Pakuan Jalan Otista No. 1 Kota Bandung. Sabtu, 25 April 2020.

Nasional

Gubernur Jawa Barat Wacanakan PSBB Diperluas