Menu

Mode Gelap

HALO POLISI · 31 Mar 2022 18:48 WIB ·

Gembrong Liwet Tradisi Jelang Ramadhan di Pamulihan Sumedang

Reporter: Fitriyani Gunawan | Editor: Redaksi


 Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto menghadiri kegiatan gembrong liwet di Lapang Sepak bola Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Kamis (31/03/2022). Perbesar

Istimewa via Humas Polres Sumedang/SUMEDANG ONLINE
Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto menghadiri kegiatan gembrong liwet di Lapang Sepak bola Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Kamis (31/03/2022).

SUMEDANG ONLINEKapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto menghadiri kegiatan gembrong liwet di Lapang Sepakbola Desa Citali, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang. Kamis (31/03/2022).

Menurut Kapolres Sumedang kegiatan kearifan lokal jelang Ramadhan harus terus dipertahankan dan dilestarikan.

“Kegiatan ini merupakan sebuah kearifan lokal yang harus dipertahankan dan dilestarikan karena merupakan salah satu akar budaya yang membuat situasi Sumedang tetap kondusif,” kata Kapolres Sumedang.

Banyak makna yang diambil dari kegiatan yang digagas Pemerintah Desa Citali itu, salahsatunya konsep gembrong liwet memiliki makna kebersamaan.

“Acara gembrong liwet ini memiliki konsep kebersamaan dimana para peserta dapat makan bersama yang dapat menimbulkan rasa persaudaraan di antara warga setempat,” imbuhnya.

Sebagai informasi kegiatan ini merupakan upaya sinergitas Dinas pemberdayaan masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang dalam Rangka Gebyar 19 Desa di Jawa barat pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun anggaran 2022 terkait pemberdayaan masyarakat, peningkatan ekonomi masyarakat, desa digital, Desa wisata dan desa adat.

Dari 19 Desa di Jawa barat Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang merupakan salah satu desa yang terpilih oleh DPMD Kabupaten Sumedang sehingga menjadi wakil Desa di wilayah Kabupaten Sumedang dalam rangka menjalin kerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di berbagai bidang sesuai dengan dokumen pelaksanaan anggaran tahun 2022.

Kapolres Sumedang beserta untur Forkopinda Kabupaten Sumedang sempat berkeliling dan mencicipi hidangan tradisional pada acara tersebut.

“Hidangan yang disajikan begitu menggugah selera, hidangan tradisional seperti ini harus tetap dilestarikan sebagai bentuk identitas budaya bangsa, semoga acara ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumedang.” imbuhnya.

Di sela-sela kegiatan Gembrong Liwet tersebut Kapolres Sumedang tetap mengimbau kepada para peserta untuk tetap menjaga Protokol Kesehatan Covid-19 karena pademi Covid-19 masih belum berakhir. ***

Kegiatan yang dihadiri oleh para Forkopinda Kabupaten Sumedang tersebut terlaksana atas kerjasama DPMD Provinsi Jawa barat dengan DPMD Kabupaten Sumedang serta Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang.

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto yang ditemui di lokasi menyampaikan “kegiatan ini merupakan sebuah kearifan lokal yang harus dipertahankan dan dilestarikan karena merupakan salah satu akar budaya yang membuat situasi Sumedang tetap kondusif.” Kata Kapolres. ***

Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Polsek Jatinunggal Polres Sumedang Laksanakan Pembinaan di SMA Negeri Jatinunggal

18 Juli 2023 - 15:37 WIB

Anggota Polsek Cibugel Bantu Warga Bersihkan Sisa Material Longsor

5 Mei 2023 - 09:39 WIB

Anggota Polsek Cibugel, Polres Sumedang, Polda Jabar bersama warga berjibaku membersihkan meterial tanah longsor di Betulan Jalan Gunung Gebos yang menghubungkan Desa Cipasang Kecamatan Cibugel, dengan Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang. Jumat (05/05/2023).

Kangen Anak Cucu, 2 Lansia Berjalan Menyusuri Tol Cisumdawu

28 April 2023 - 11:03 WIB

Sepasang Kakek dan Nenek yang sudah lanjut usia terlihat oleh Polisi yang sedang berjaga di Pos Terpadu Polres Sumedang, kedua Kakek dan Nenek ini terlihat sedang berjalan kaki menyusuri jalur menuju Gerbang tol Cisumdawu Sumedang Kota. Kamis (27/04/2023).

Polsek Cisarua Pertemukan Lansia yang Tersesat dengan Keluarganya

27 April 2023 - 13:26 WIB

Cerita Pemudik, Bandung Majalengka Lewat Tol Cisumdawu Hanya 45 Menit

27 April 2023 - 11:31 WIB

Para pengendara mulai merasakan salahsatu manfaat dari keberadaan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Tol Cisumdawu). Seperti dialami Andre pemudik dari Bandung yang akan menuju ke Majalengka.

Polres Sumedang Luncurkan Program Balik Gratis

27 April 2023 - 11:09 WIB

Kapolres Sumedang, Polda Jabar, AKBP Indra Setiawan melepas program Balik Gratis di halaman Mapolres Sumedang. Rabu (26/04/2023).
Trending di HALO POLISI