Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 8 Feb 2021 17:37 WIB ·

AMWJ-Polairud Polres Sumedang Peduli Bendungan Jatigede, Bersihkan Sampah di Wilayah Tugu Wado

REPORTER: FITRIYANI GUNAWAN | EDITOR: REDAKSI

Sebagian anggota AMWJ saat membersihkan sampah di Bendungan Jatigede. Senin, 8 Februari 2021.

SUMEDANGONLINE/FITRIYANI BERSIHKAN SAMPAH: Sebagian anggota AMWJ saat membersihkan sampah di Bendungan Jatigede. Senin, 8 Februari 2021.

WADO, SO – Sebanyak 50 perahu atau lebih 150 orang petani ikan dari Aliansi Masyarakat Waduk Jatigede (AMWJ) bersama aparat Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Polres Sumedang membersihkan sampah di Bendungan Jatigede di Betulan Tugu Wado, Sumedang. Senin, 8 Februari 2021.

“Kegiatan hari ini merupakan bentuk kepedulian dari AMWJ, yakni kita mengadakan pembersihan sampah di Kecamatan Wado khususnya daerah Tugu. Setelah kami melakukan kegiatan serupa terlebih dahulu di daerah Sukaratu. Alhamdulillah kondisi atau situasi sampah sekarang sudah berkurang,” ungkap Ketua Aliansi Masyarakat Waduk Jatigede (AMWJ), Jajang Jaenudin.

Baca Juga  Ini Cara Politisi Demokrat dan Forkopimcam Pamulihan, Antisipasi Covid-19

Menurut Jajang hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian pihaknya terhadap bendungan Jatigede, yang saat ini tercemar sampah yang paling banyak merupakan kiriman dari Kabupaten Garut yang terbawa arus aliran sungai Cimanuk.

“Harapan kami selaku masyarakat tidak cuman divonis bahwa yang menimbulkan pencemaran itu, kami selaku petani ikan merasa tergugah juga. Karena kalau menurut kami pencemaran dari sampah itu bisa menimbulkan pencemaran yang lebih daripada pakan ikan yang cuman berapa persen,” tandasnya.

Sampah sampah yang berhasil dikumpulkan tersebut kemudian di bawa ke Daerah Sukanyiru, Kecamatan Wado sebagai lokasi pembuangan sampah akhir yang disarankan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang.

Baca Juga  Setiap Tahun, Irwansyah Akan Berangkatkan Seribu Naker Sumedang ke Jepang

“Sampai pukul 13.00 kita sudah membawa tiga armada, dan sekarang mau diberangkatkan armada yang ke-empat,” jelasnya.

Bripka Dian Herdiansyah selaku anggota Polairud Polres Sumedang menyambut baik kegiatan yang diinisiasi AMWJ. “Intinya dalam acara ini yaitu bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan sehingga diharapkan apa apa yang kita laksanakan hari ini. Bisa menjadi contoh terhadap warga di sekitar untuk lebih memperhatikan terhadap lingkungan wilayah perairan Waduk Jatigede,” ucapnya. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Disparbudpora dan DPMPTSP Sosialisai OSS ke Pengelola ODTW di Sumedang

27 Januari 2022 - 17:25 WIB

Sebanyak 25 pengelola object daya tarik wisata (ODTW) di Kabupaten Sumedang mendapat sosialisasi Online Single Submission (OSS). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dan DPMPTSP Kabupaten Sumedang di Objek Wisata Pangjugjugan Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan. Kamis, 27 Januari 2021.

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG