Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 10 Jul 2021 17:05 WIB ·

Empat Pasien Wafat di RSUD Sumedang Dimakamkan Satgas Covid Kecamatan dan Desa

REPORTER: FITRIYANI GUNAWAN | EDITOR: REDAKSI

Ketua Bidang Komunikasi Publik, Iwa Kuswaeri

ISTIMEWA BERI KETERANGAN: Ketua Bidang Komunikasi Publik, Iwa Kuswaeri

SUMEDANG– Hingga pukul 12.00 WIB, Sabtu, 10 Juli 2021. Sebanyak empat pasien di RSUD Sumedang dilaporkan wafat. Dari ke-empat pasien diketahui terkonfirmasi Covid-19 maupun reaktif antigen.

Ketua Bidang Komunikasi Publik, Iwa Kuswaeri menyebutkan untuk proses pemulasaraan jenazah dilakukan oleh pihak RSUD Sumedang hingga pengantaran jenazah ke rumah duka. Dan setelahnya proses pemakaman diserahkan pada Satgas Covid-19 masing masing kecamatan dan desa.

“Hal ini sebagaimana informasi sebelumnya bahwa keterbasatan petugas pemulasaraan jenazah di RSUD Sumedang, sehingga di bantu oleh Satgas Kecamatan dan Desa. Empat Jenazah tersebut dimakamkan dengan protokol kesehatan. Sebagian sudah selesai dan ada yang masih proses. 4 Jenazah tersebut berasal dari Kecamatan Cimalaka 2 orang, Kecamatan Tanjungkerja 1 orang, dan Kecamatan Cisitu 1 orang,” ungkap Iwa dalam keterangan persnya.

Baca Juga  Polres Semprot Sumedang Kota dengan Disinfektan

Disebutkan dia, keputusan pemakaman yang dilakukan oleh petugas dari Kecamatan dan Desa, setelah dalam beberapa hari terakhir petugas pemulasaraan jenazah RSUD Sumedang kewalahan.

“Atas petunjung Pak Bupati, dan rapat dengan seluruh stakeholder, akhirnya diputuskan oleh Pak Sekda sebagai ketua pelaksana harian Satgas COVID-19. Untuk proses pemakaman dilaksanakan oleh satgas Kecamatan dan Desa,” terang Iwa.

Pihak RSUD, tetap melakukan pemulasaraan jenazah hingga pengiriman ke lokasi pemakaman, untuk jenazah yang meninggal di RSUD. Sedangkan jenazah yang meninggal di rumah atau Puskesmas, maka proses pemulasaraan dilakukan oleh satgas Kecamatan dan Desa hingga selesai. Tentu dengan pengawasan dari Puskesmas setempat dan penggunaan APD.

Baca Juga  Kapolres Sumedang Minta Para Pelaku Industri Taat Aturan PPKM Darurat

“Walapun awalnya masih serba canggung dan koordinasi belum sempurna. Namun kondisi ini semakin terkendali. Koordinasi dengan contact center dari Kecamatan cukup lancar demikian pula koordinasi dengan RSUD cukup baik, sehingga semuanya berjalan lancar,” imbuhnya.

Iwa berharap kondisi ini dapat cepat terkendali, bahkan pandemik segera berakhir. Hal tersebut karena para petugas baik di Kabupaten maupun di Kecamatan, sudah dalam posisi kurang istirahat.

“Harapan Kami, kita semua bisa patuh terhadap anjuran dari Pemerintah. Diam di rumah, istirahat yang cukup, jalankan 6M, agar Covid terkendali. Segera normal, dan kita bisa segera bebas dari Virus ini,” harap Iwa. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 112 kali

Baca Lainnya

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)

Tanpa Biaya Miliaran, Kompepar Golempang Bangun Landasan Pacu Paralayang

18 Januari 2022 - 01:19 WIB

Alat berat yang digunakan untuk meratakan kawasan pacu paralayang di Puncak Gunung Golempang, Desa Darmaraja, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang.

Pemda Sumedang Bantu Kelompok Tani di Desa Rancakalong

11 Januari 2022 - 19:03 WIB

Kelompok Pemuda Tani Putra Mandiri dan Kelompok Wanita Tani Hanjuang Bungur Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang mendapat bantuan sarana produksi pertandi dari Pemerintah Kabupaten Sumedang. Sealsa, 11 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG