Home / Nasional / Pilihan Redaksi

Kamis, 29 Juli 2021 - 16:21 WIB

Kemendagri: Pengurusan Layanan Administrasi Kependudukan Tidak Perlu Sertifikat Vaksinasi COVID-19



SUMEDANGONLINE, Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan bahwa pengurusan layanan administrasi kependudukan (adminduk) taat terhadap aturan perundang-undangan yang berlaku. Tidak ada penambahan persyaratan baru, termasuk sertifikat vaksinasi COVID-19, yang dapat mempersulit masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

“Analoginya, seperti telur dengan ayam mana yang lebih dahulu, karena untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 penduduk juga harus sudah memiliki NIK,” ujar Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, dikutip dari laman resmi Kemendagri. Kamis (29/07/2021).

Baca Juga  IGI Sumedang Prihatin Upah Guru Honorer di Daerah Jauh dari UMK

Kemendagri juga mendukung upaya percepatan vaksinasi nasional yang menargetkan sebesar 80 persen penduduk untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

“Kami justru ingin turut serta dalam upaya pemerintah mempercepat program vaksinasi dengan memberikan layanan adminduk yang cepat dan mudah. Apalagi, animo masyarakat tengah tinggi untuk mendapatkan vaksin,” ujar Zudan.

Baca Juga  Polres Semprot Sumedang Kota dengan Disinfektan

Meski demikian, Zudan menyampaikan, tidak menutup kemungkinan bahwa ke depan sertifikat vaksinasi dapat menjadi syarat dalam mengurus layanan adminduk.

“Aturan tersebut bisa diterapkan, namun nanti bila persentase vaksinasi sudah 80 persen sebagai upaya kita untuk mengejar sisa penduduk yang belum mau divaksin. Apa pun itu, kita akan melihat perkembangannya,” pungkasnya. (HUMAS KEMENDAGRI/UN)

Sumber Berita: Setkab

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Pembangunan SDN 1 Karapyak Kelar, Kepsek Berharap Jadi Percontohan

DAERAH

Jatigede digenang, proses belajar di SDN Cipaku masih aktif

Pilihan Redaksi

Deklarasi Damai, Jaga Agar Tidak Ada Hoax
Bupati Sumedang, H Dony Ahmad Munir saat melakukan penyemprotan disinfektan di Fasum Fasos yang ada di Kabupaten Sumedang, 21 Maret 2020. FOTO HUMAS PEMKAB SUMEDANG

Pilihan Redaksi

[PANDEMIK CORONA] Warga Sumedang Diimbau untuk Tak Mudik Dulu
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumedang memberikan sikap resmi saat melakukan audensi dengan anggota DPRD Sumedang. Kamis, 9 Juli 2020. Mereka menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Pilihan Redaksi

MUI Sumedang Tolak RUU Haluan Ideologi Pancasila

DAERAH

Tunggu Komplen, Lima warga enggan pindah di Padajaya

Nasional

Selamat Jalan Musikus Yockie ‘God Bless’ Suryo

Pilihan Redaksi

Forum Camat Berharap Sekda Terpilih Adalah yang Terbaik