Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 20 Nov 2021 02:28 WIB ·

Tiga Kecamatan di Sumedang Masih Tinggi Angka Stunting

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Tiga kecamatan di Kabupaten Sumedang diketahui masih menempati angka tertinggi stunting dari 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang. Hal itu terungkp saat Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang melaksanakan giat Publikasi dan Ekspose Stunting di Saphire City Park Rancapurut Sumedang. Jumat, 19 November 2021.

IWAN RAHMAT PUBLIKASI DAN EKSPOSE STUNTING: Tiga kecamatan di Kabupaten Sumedang diketahui masih menempati angka tertinggi stunting dari 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang. Hal itu terungkp saat Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang melaksanakan giat Publikasi dan Ekspose Stunting di Saphire City Park Rancapurut Sumedang. Jumat, 19 November 2021.

SUMEDANGONLINE, Dinkes – Tiga kecamatan di Kabupaten Sumedang diketahui masih menempati angka tertinggi stunting dari 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang. Hal itu terungkp saat Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang melaksanakan giat Publikasi dan Ekspose Stunting di Saphire City Park Rancapurut Sumedang. Jumat, 19 November 2021.

Ketiga kecamatan itu menurut Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Uyu Wahyudin yakni Kecamatan Wado, Jatinunggal dan Cibugel.

“Tiga kecamatan diantaranya Wado, Jatinunggal, dan Cibugel pada tahun 2021 ini menempati angka stunting, pertumbuhan tinggi anak tidak normal atau lebih pendek dari anak seusianya, tertinggi dari 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang,” ujar Uyu dalam keterangannya dihadapan para wartawan.

Baca Juga  Dinkes Sumedang Gelar Baksos Go To School

Lebih lanjut dia menyebutkan untuk Kecamatan Cibugel terdapat 360 balita dengan 22,43 persen, Kecamatan Wado sebanyak 531 balita dengan 20, 27 persen, dan Jatinunggal, 599 balita dengan 22,45 persen.

Dikatakan Uyu, penyebab terjadinya stunting dipengaruhi paling dominan oleh pola asuh, asupan gizi, dan pemberian ASI exlusif, juga pemeriksaan kesehatan dari bayi tersebut.

“Pola asuh ini berhububungan erat dengan kebiasaan dan pola kehidupan yang berlaku dimasyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga  Tebing Cadas Pangeran Longsor, Ancam Satu Rumah

Dia berharap kepada orangtua dapat terus memantau dari upaya tumbuh kembang dari seorang bayi terutama pola asuh juga asupan gizinya.

Senada dikatana Nia Sukaeni selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, menurutnya sangat kecil sekali stunting disebabkan oleh faktor keturunan, karena pengaruh dominan dari stunting, yaitu pola asuh dan asupan gizi, kekurangan garam beryodium juga bisa berpengaruh ke BBLR (Berat Badan lLahir Rendah).

“Karena itu orangtua harus terus memantau dari upaya tumbuh kembang dari seorang bayi” tandasnya. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 68 kali

Baca Lainnya

Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany Kini Jadi Komandan Batalyon Infantri Yonif Raider 301/PKS

26 November 2021 - 13:14 WIB

Jabatan Komandan Batalyon Infantri Raider 301/Prabu Kian Santang resmi diserahterimakan dari Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi ke Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany. Upacara serah terima jabatan dipimpin KASBRIG 15 Kujang/II Kodam III/Siliwangi Letkol Inf Imam Wicaksana di Lapangan Yonif Raider 301 Prabu Kian Santang Sumedang Jawa Barat. Selasa, 24 November 2021.

Imbas Pandemi Covid-19 Angka Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Sumedang Naik Jadi 10,26 Persen

26 November 2021 - 13:04 WIB

Mety Supriyati selaku Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sumedang menyebutkan akibat pandemi Covid-19, angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang meningkat dari 9,05 persen menjadi 10,26 persen.

Sambil Menangis Yana ‘Cadas Pangeran’ Sampaikan Permohonan Maaf pada Masyarakat

22 November 2021 - 12:15 WIB

Yana Supriatna, saat menyampaikan permohonan maaf di Mapolres Sumedang. Senin, 22 November 2021.

Heboh Kebohongan Yana Cadas Pangeran, Kini Dia Terancam Tiga Tahun Bui

22 November 2021 - 11:59 WIB

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A Chaniago

Kunjungi Desa Kadakajaya, Erwan Bagikan Sembako pada Lansia

20 November 2021 - 02:34 WIB

Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan memberikan Bantuan Berupa Sembako pada Lansia di SMP 3 Desa Kadakajaya Kecamatan Tanjungsari. Jumat, 19 November 2021.

Lantik Tujuh Pimpinan Tinggi Pratama, Bupati Sumedang Minta Agar Tak Leha-leha

15 November 2021 - 14:35 WIB

Sebanyak tujuh pejabat pimpinan tinggi pratama dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir. Senin, 15 November 2021.
Trending di SUMEDANG