Polres Sumedang dan Karang Taruna Darmaraja Bersihkan Sampah di Pantai Ejot

Warga di sekitar Bendungan Jatigede saat turut serta membantu membersihkan sampah yang ada di Pantai Ejot. Sabtu, 18 Desember 2021.
Fitriyani Gunawan/SUMEDANGONLINE
Warga di sekitar Bendungan Jatigede saat turut serta membantu membersihkan sampah yang ada di Pantai Ejot. Sabtu, 18 Desember 2021.

SUMEDANGONLINE, Jatigede: Kepolisian Resort Sumedang dan Karang Taruna Kecamatan Darmaraja berhasil mengangkut sebagian sampah yang mengambang di pesiri Pantai Ejot Jatigede eks Desa Jatibungur, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 18 Desember 2021.

Sampah-sampah yang sebagian besar sampah organik itu menumpuk, dan mengambang persis di pesisir pantai sehingga menimbulkan bau tak sedap.

Kepala Bagian Logistik Polres Sumedang, AKP Idan Wahyudin meminta semua pihak untuk lebih peduli terhadap lingkungan dia beralasan sampah-sampah yang dibiarkan menumpuk akan dapat menimbulkan penyakit.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Karang Taruna, Brigez, dan masyarakat di sekitar pantai Jatibungur. Dimana bahwa rekan-rekan dapat lihat sendiri, di Pantai Cibungur ini tidak nyaman dipandang mata, banyak sampah. Kalau ini dibiarkan akan dapat menimbulkan penyakit, kita harus peka dengan lingkungan kita. Kita harus lihat dengan kondisi lingkungan kita, kalau bukan kita siapa lagi. Kalau bukan sekarang kapan lagi, ini adalah bakti social kita untuk peka terhadap lingkungan, membersihkan lingkungan. Membersihkan sampah yang ada di lingkungan Pantai Jatibungur,” ujar AKP Idan.

Baca Juga  Ketahanan Pangan Kodim 0610 Menuai Hasil

Dia pun berharap kegiatan tersebut tak hanya dilaksanakan pada hari ini saja, tapi terus berlanjut selama masih ada sampah di Jatigede. “Selama masih ada sampah di Pantai Jatibungur ini, kita bersihkan bersama-sama. Tidak hari ini, besok masih ada sampah, kita bersihkan. Sampai betul-betul sampah yang ada pantai ini betul-betul bersih,” ungkapnya.

Baca Juga  Macet, GT Cileunyi-IPDN Ditempuh Dua Jam

Ketua Karang Taruna Desa Darmaraja, Andri, menyambut baik kegiatan bakti social pembersihan sampah di pantai Jatibungur atau lebih dikenal masyarakat dengan Pantai Ejot. Dia berharap, kegiatan semacam itu terus dilakukan, selain melakukan edukasi pada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Semantara itu Igun Gunawan selaku warga Terdampak Jatigede berharap adanya upaya serius dari pemerintah dalam mengatasi permasalahan sampah di Jatigede. Karena dia beranggapan, sebagian sampah yang sekarang ada di Jatigede merupakan kiriman dari wilayah hulu.

Baca Juga  Sukses Vaksinasi Malam di Taman Endog, Polres Sumedang Lanjut di Alun-Alun Tanjungsari

“Jangan sampai Jatigede terkesan jadi tempat pembuangan sampah akhir dari wilayah hulu sungai Cimanuk,” tandas Igun Gunawan mengingatkan.

Bahkan sebut dia, jika Pemda Sumedang jeli sampah-sampah tersebut bisa menjadi peluang usaha.

“Sebaiknya para pihak terkait melakukan upaya daur ulang sampah-sampah tersebut. Sehingga nantinya bisa bernilai ekonomis. Bukan seperti sekarang malah menimbulkan bau tak sedap, harus ada upaya yang konkret lah dari pemimpin daerah baik di hulu dan hilir sungai Cimanuk, termasuk juga otoritas yang bertanggung jawab untuk Jatigede,”  pungkas dia. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK