Politik

Ini 7 Calon Anggota KPU dan 5 Calon Anggota Bawaslu yang Akan Dilantik Presiden Joko Widodo

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi
Tangkapan layar Komisi II DPR RI Mengadakan Uji Kelayakan dan Kepatutan (Fit and Proper Test) Calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI Masa Jabatan 2022 s.d. 2027, Senin, 14 Februari 2022.
Tangkapan layar Komisi II DPR RI Mengadakan Uji Kelayakan dan Kepatutan (Fit and Proper Test) Calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI Masa Jabatan 2022 s.d. 2027, Senin, 14 Februari 2022. | FOTO: Tangkapan layar Komisi II DPR RI Mengadakan Uji Kelayakan dan Kepatutan (Fit and Proper Test) Calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI Masa Jabatan 2022 s.d. 2027, Senin, 14 Februari 2022.

SUMEDANG ONLINE – Hasil pemungutan suara yang dilakukan Komisi II DPR RI menetapkan tujuh orang sebagai calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan lima orang menjadi calon anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027.

Sebelum voting, sebelumnya dilaksanakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Sebanyak 14 calon anggota KPU dan 10 orang calon anggota Bawaslu mengikuti sesi wawancara pada Senin (14/2/2022) hingga Rabu (16/2/2022).

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

“Karena perdebatannya panjang, dengan beberapa pertimbangan. Pertama, bahwa kita harus mencari yang terbaik dan itu berdasarkan semua masukan dan apa yang kita dengar dalam fit and proper test. Dari 14 nama dan 10. Jadi pertimbangan objektif, pertimbangan kualitas, itu menjadi pertimbangan utama,” ujar Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia saat mengumumkan hasil Rapat Pleno seperti disamapikan melalui kanal Youtube DPR RI yang dipantau pada Kamis, 17 Februari 2022.

Baca Juga  KPU Sumedang Raih Dua Penghargaan Dipenghujung Tahun 2020

Selain sebut dia, pihaknya tidak mungkin menamfikan pertimbangan kepentingan politik.

“Kepentingan politik dari masing-masing kita semua, tentu yang pertama kepentingan politik bangsa dan negara. Yang kedua adalah kepentingan yang mengakomodir semua potensi kekuatan politik yang ada. Baik itu secara formal mewakili rakyat, kita sebagai anggota DPR dan juga mewakili partai politik kita masing-masing,” imbuhnya/

Baca Juga  Ini tata cara pendaftaran dan persyaratan pemantau pemilihan bupati dan wakil bupati Sumedang tahun 2018

Berdasarkan itu semua, sebut dia, pada akhirnya setelah melakukan simulasi berbagai hal dan cara.

“Maka kita putuskan, kita tetapkan urutan satu sampai empat belas. Dimana satu sampai tujuh yang terpilih menjadi calon anggota KPU yang akan di lantik nanti oleh Presiden. Dan kita sedang menyusun juga satu sampai sepuluh nama urutan, dimana satu-sampai limanya adalah yang akan nanti menjadi calon Anggota Bawaslu yang akan dilantik oleh Presiden untuk masa bakti 2022-2027,” ungkapnya. ***

Baca Juga  Bagaimana Perhitungan Kursi Pileg 2019

Berikut nama anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 terpilih:

KPU
1. Betty Epsilon Idroos
2. Hasyim Asy’ari
3. Mochammad Afifudin
4. Parsadaan Harahap
5. Yulianto Sudrajat
6. Idham Holik
7. August Mellaz

Bawaslu
1. Lolly Suhenty
2. Puadi
3. Rahmat Bagja
4. Totok Hariyono
5. Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Tinggalkan Balasan