Cara Menghilangkan Beruntusan yang Ampuh

Ilustrasi
Istimewa Via Halodoc/SUMEDANGONLINE
Ilustrasi

Beruntusan adalah keadaan dimana kulit wajah kamu mengalami masalah seperti adanya jerawat yang ditandai bintil-bintil kecil yang muncul secara bersamaan dalam jumlah yang banyak.

Ketika disentuh, jerawat ini terasa kasar sehingga membuat tidak percaya diri dengan tampilan wajah. Nah ini dia cara menghilangkan bruntusan ampuh yang bisa kamu coba terapkan seperti beberapa penjelasan dibawah ini.

  1. Menggunakan es batu

Es batu selain digunakan untuk minuman yang segar, ternyata bisa juga dipakai untuk mengatasi jerawat pasir atau beruntusan.

Es batu bisa digunaka karena adanya efek dingin dari es yang berpotensi meredakan peradangan sementara waktu, tetapi efek yang diberikan cepat hilang.

Meski efek yang diberikan hanya sementara, tetapi kamu tetap bisa mencobanya, yaitu dengan cara membungkus es batu dengan kain tipis atau memakai kompres dingin.

Setelah itu, tempelkan pada wajah yang berjerawat. Lakukan hal ini selama satu menut. Lakukan 1-2 kali sehari setelah membersihkan wajah.

  1. Memakai tea tree oil
Baca Juga  [PENGUMUMAN] PENDAFTARAN CALON ANGGOTA PANWASLU KELURAHAN / DESA

Tea tree oil atau minyak pohon teh sudah sejak lama dikenal untuk mengatasi kulit berjerawat. Mulai dari yang ringan hingga yang parah.

Ada salah satu penelitian tentang tea tree oil ini. Penelitian ini dimuat dalam Australasian Journal of Dermatology (2017) yang memberikan penjelasan tentang penggunaan sabun cuci muka gel yang mengandung tea tree oil bisa membantu mengatasi jerawat.

Tetapi hal ini tidak berlaku bagi orang yang memiliki reaksi alergi terhadap minyak tea tree. Jadi, sebelum dicoba selalu ada saran untuk mencoba terlebih dahulu produk atau tea tree oil ini pada kulit tangan dengan tes kulit alergi sebelum diapakai pada wajah.

  1. Mengoleskan teh hijau

The hijau sudah dari dulu dikenal akan berjuta manfaatnya terutama bagi kesehatan. Teh hijau mampu untuk membantu menghilangkan beruntusan semalaman.

Baca Juga  Desa Tanjungsari Jadi Percontohan KKBC BP Jamsostek Jabar

Hal ini berkat adanya kandungan flavonoid dan tannin di dalam teh hijau memiliki kemampuan melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat.

Menurut para peneliti, mereka melaporkan bahwa teh hijau mengandung antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang tinggi. Jenis antioksidan yang ada ini dapat membantu mengatasi masalah jerawat termasuk beruntusan.

Ada banyak prdouk teh hijau khusus untuk jerawat yang sudah banyak beredar di pasaran dengan cara dioleskan.

Kamu juga bisa untuk memilih sabun cuci muka yang memiliki kandungan the hijau supaya bisa untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak pemicu bruntusan.

  1. Masker madu

Madu selain memiliki rasa yang manis, madu juga memiliki khasiat untuk kulit wajah. Nah, salah satunya yaitu membantu menghilangkan beruntusan di wajah dalam semalam.

Baca Juga  Agus Muslim: Dua program unggulan PP, ke masjid dan lapangan bola

Madu manuka adalah madu menrah yang bisa dan sering dipakai untuk obati jerawat. Kamu bisa mencobanya dengan dibuatkan masker untuk masker madu jerawat.

Cara untuk membuatnya seperti ini, pertama-tama kamu campurkan madu dengan kayu manis kemudian oleskan pada kulit, diamkan selama 8-10 menit, dan bilas hingga bersih.

  1. Melembabkan wajah dengan lidah buaya

Lidah buaya adalah jenis tanaman sukulen atau batang dan daun tebal yang sudah sejak lama menjadi obat alami jerawat.

Gel pada lidah buata mampu membantu menghilangkan beruntusan dalam semalam. Ini karena ada kandungan yang berpotensi untuk meningkatkan efektivitas obat penghilang jerawat.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan beruntusan yang bisa kamu coba, semoga dengan membaca dan mengaplikasikan cara-cara diatas, beruntusan yang ada diwajah bisa menghilang dengan ampuh. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK