Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 10 Sep 2023 20:35 WIB ·

3.500 Santri Diniyah Ikut Peragaan Manasik, Bupati Sumedang: Memotivasi Impian Anak untuk Naik Haji

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir membuka peragaan manasik haji bagi para santri Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) tingkat kabupaten, di Lapangan PPS. Minggu (10/9/2023). Perbesar

Iwan Rahmat Purnama/SUMEDANG ONLINE
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir membuka peragaan manasik haji bagi para santri Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) tingkat kabupaten, di Lapangan PPS. Minggu (10/9/2023).

SUMEDANG – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir membuka peragaan manasik haji bagi para santri Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) tingkat kabupaten, di Lapangan PPS. Minggu (10/9/2023).

Kegiatan ini digelar oleh Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Sumedang. Peserta menjalani peragaan dari mulai lokasi musdhalifah di halaman parkir DPPKAD, jamarot di parkir depan Bapenda, Towaf dan Sa’i di lapang upacara depan PPS.

“Saya mengapresiasi kegiatan manasik haji bagi santri diniyah ini, karena akan memotivasi santri, sehingga memiliki impian naik haji,” kata Dony Ahmad Munir.

Dimulai dengan peragaan manasik haji, sambung bupati, para santri akan memahami dan tergugah hatinya, sehingga ingin menjalankan ibadah haji dan umroh.

“Kegiatan yang patut diapresiasi, dan diteruskan oleh lembaga seperti FKDT ini,” katanya.

Ketua FKDT Kabupaten Sumedang, Nuroni Octora menyebut, total ada 7.600 santri diniyah yang mengikuti peragaan ibadah manasik haji ini. Karena banyaknya peserta, maka kegiatan dibagi dua gelombang.

“Untuk saat ini ada 3500 peserta, dan nanti ada gelombang kedua pekan depan,” ujarnya.

Ia menyebutkan tujuan utama dari kegiatan peragaan manasik haji ini adalah untuk menanamkan ideologi keimanan kepada para santri.

“Hal ini bertujuan agar para santri sejak dini memiliki keyakinan kuat bahwa pelaksanaan ibadah haji merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan, sebagaimana rukun iman yang lainnya. Melalui manasik ini, diharapkan para santri dapat lebih mendalam dalam memahami arti ibadah haji, yang penuh dengan perjuangan, pengorbanan, dan nilai-nilai persaudaraan,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan peragaan manasik haji ini juga bertujuan untuk menjalin ukhuwah Islamiyah di antara para santri DTA.

“Acara ini memberikan ruang dan kesempatan bagi mereka untuk berkumpul dan menjalin silaturahim satu sama lain sehingga hubungan sosial dan keagamaan di antara para santri DTA dapat semakin erat dan harmonis,” katanya. ***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Ayi: Baznas Sumedang Masih Terima Titipan Hewan Kurban

13 Juni 2024 - 18:17 WIB

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ayi Subhan Hafas

Kemenag Sumedang Kembangkan Kampung Moderasi Beragama

13 Juni 2024 - 13:37 WIB

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan Kampung Moderasi Beragama di KabupatenSumedangTahun 2024 di Aula Gedung Sarana Penunjang Pendidikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Baznas dan PWRI Sumedang Luncurkan Progam Z-Smart

13 Juni 2024 - 13:29 WIB

PWRI dengan Baznas Kabupaten Sumedang meluncorkan program Z-Smart (Spiritial Motivation Fun Integrated) Pengajian Terpadu Riang Gembira di Aula Baznas Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Jelang Idul Adha, Baznas Sumedang Luncurkan Program Kurban Online

12 Juni 2024 - 20:24 WIB

Baznas Kabupaten Sumedang Kembali meluncurkan program kurban online jelang Idul Adha 1445 H.

Pj Bupati Sumedang Minta DPMPTSP Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

12 Juni 2024 - 19:54 WIB

Yudia Ramli selaku Pj Bupati Suedang saat melakukan monitoring sekaligus silaturahmi ke DPMPTSP Kabupaten Sumedang. Rabu (12/5/2024).

Kadinsos Sumedang Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional

11 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumedang menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2024 dengan tema "Lansia Sehat, Terawat, Mandiri dan Produktif" di Halaman Yayasan Handjuang Mekar Indonesia Dusun Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Selasa, 11 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG