6 Jan 2024 03:20 WIB | PENULIS: Fitriyani Gunawan | EDITOR: IGUN GUNAWAN
Joko Wahyudiono selaku Penyelidik Bumi Ahli Muda dari Pusat Survei Geologi dalam Geoseminar Mengupas Gempa Sumedang: Badan Geologi Menyelidiki dan Memitigasi. Jumat, 5 Januari 2023.
Tangkapan Layar Zoom/SUMEDANG ONLINE
Joko Wahyudiono selaku Penyelidik Bumi Ahli Muda dari Pusat Survei Geologi dalam Geoseminar Mengupas Gempa Sumedang: Badan Geologi Menyelidiki dan Memitigasi. Jumat, 5 Januari 2023.

SUMEDANG – Joko Wahyudiono selaku tim ahli geologi menyebutkan jika segmen sesar Cipeles merupakan sesar  aktif yang menyebabkan terjadinya kerusakan di Babakan Hurip Kabupaten Sumedang.

“Bahwa yang kita ukur dilapangan adalah betul-betul penemuan baru dan original. Bahwa segmen Sesar Cipeles adalah yang mengakibatkan kerusakan di daerah Babakan hurip,” ujar Joko Wahyudiono selaku Penyelidik Bumi Ahli Muda dari Pusat Survei Geologi dalam Geoseminar Mengupas Gempa Sumedang: Badan Geologi Menyelidiki dan Memitigasi. Jumat, 5 Januari 2023.

Joko pun memastikan jika Sesar Cipeles merupakan sesar aktif, yang telah mereka temukan di lapangan pasca terjadinya gempabumi tektonik di Kabupaten Sumedang.

“Sesar ini muncul dipermukaan, memotong lapisan tanah dan juga memotong rumah, merobohkan beberapa rumah di situ. Jadi memang tidak terbantahkan bahwa Segmen Cipeles ini sebuah sesar aktif,” ungkapnya.

Pada kesempatan Geoseminar tersebut juga, Joko menampilkan hasil pemotretan udara dan pengukuran struktur geologi pada bedrock dan batuan permukaan.

Sebelumnya Sukahar Eka Saputra yang juga Penyelidik Bumi Ahli Muda dari Pusat Survei Geologi memaparkan jika pihaknya menemukan arang kayu pada lapisan batulempung di zona patahan Cipeles.

Penemuan arang kayu itu sebut dia, sebagai indikasi Paleodebris (longsoran purba) akibat gempa masa lalu.

“Apakah itu longsoran purbanya akibat tektonik masa lalu atau apa? Masih jadi misteri bagi kita. Dan rencananya kita akan melakukan datting untuk menentukan umur absolute dari arang tersebut. Mudah-mudahan terjawab misteri dari Paleodebris di daerah tersebut,” ungkapnya. ***

Install SUMEDANGONLINE MOBILE
| Advertorial