Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 11 Jun 2024 17:58 WIB ·

Pj Bupati Sumedang Berharap DMI Mampu Tingkatkan Fungsi Masjid

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat membuka Talkshow Peningkatan Sinergitas dan Kolaborasi Kemasjidan di Aula Islamic Center Sumedang. Selasa (11/6/2024). Perbesar

Iwan Rahmat via Sumedangkab/SUMEDANG ONLINE
Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat membuka Talkshow Peningkatan Sinergitas dan Kolaborasi Kemasjidan di Aula Islamic Center Sumedang. Selasa (11/6/2024).

SUMEDANG – Keberadaan Dewan Masjid Indonesia (DMI) diharapkan mampu meningkatkan fungsi masjid. Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah saja tetapi juga digunakan sebagai pusat kegiatan masyarakat dalam berbagai bidang, baik bidang sosial, ekonomi, budaya, maupun pendidikan.

“Kami berharap keberadaan DMI bisa meningkatkan fungsi masjid, bukan hanya sebagai tempat ibadah tetapi juga dapat berfungsi untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di lingkungan sekitar,” ujar Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat membuka Talkshow Peningkatan Sinergitas dan Kolaborasi Kemasjidan di Aula Islamic Center Sumedang. Selasa (11/6/2024).

Dikatakan Yudia, sebagaimana tertuang dalam visi Sumedang SEHATI. Salah satunya Sumedang Agamis, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang akan terus berupaya menyelaraskan program kerjanya dengan memperhatikan kegiatan berbasis keagamaan termasuk di bidang sarana peribadatan. “Untuk memakmurkan masjid, beberapa hal dilakukan diantaranya memperbaiki sarana prasarana tempat ibadah. Masjid Besar di kecamatan bakal mendapatkan bantuan mimbar pada bulan Agustus mendatang,” katanya.

Bahkan, terang Yudia, agar umat muslim merasa terpanggil ketika azan dikumandangkan serta melakukan berbagai kegiatan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. “Saya telah membuat surat edaran agar aparatur di SKPD, kecamatan sampai desa menghentikan seluruh aktifitasnya ketika azan mulai berkumandang untuk segera melaksanakan salat berjemaah di masjid atau musala,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Talkshow Yayan Muchtar menyampaikan, acara ini selain bertujuan untuk menjalin silaturahmi juga untuk mensinergikan berbagai program dan kegiatan DMI dengan organisasi yang ada khususnya dengan Pemda untuk turut serta dalam menyukseskan program pembangunan melalui pendekatan masjid. Acara ini juga membahas problematika umat serta menggali ide maupun gagasan dalam mengatasi permasalahan internal dan external organisasi kemasjidan.

“Kami berharap melalui acara ini dapat meningkatkan upaya kerjasama dan pemberdayaan masjid untuk kesejahteraan masyarakat Sumedang,” katanya. ***

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Jelang Idul Adha, Baznas Sumedang Luncurkan Program Kurban Online

12 Juni 2024 - 20:24 WIB

Baznas Kabupaten Sumedang Kembali meluncurkan program kurban online jelang Idul Adha 1445 H.

Pj Bupati Sumedang Minta DPMPTSP Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

12 Juni 2024 - 19:54 WIB

Yudia Ramli selaku Pj Bupati Suedang saat melakukan monitoring sekaligus silaturahmi ke DPMPTSP Kabupaten Sumedang. Rabu (12/5/2024).

Kadinsos Sumedang Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional

11 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumedang menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2024 dengan tema "Lansia Sehat, Terawat, Mandiri dan Produktif" di Halaman Yayasan Handjuang Mekar Indonesia Dusun Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Selasa, 11 Juni 2024.

Masjid Besar di Kabupaten Sumedang Bakal Terima Bantuan Mimbar

11 Juni 2024 - 17:53 WIB

Yudia Ramli selaku Pj BupatiSumedang saat membuka acara talkshow yang digelar Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Aula Islamic Center Sumedang. Selasa (11/6/2024).

Voucher Belanja Pangan untuk Keluarga Miskin Ektrem Dibagikan Sebelum 1 Juli

10 Juni 2024 - 22:09 WIB

Pemda Kabupaten Sumedang segera meluncurkan voucher untuk masyarakat miskin ekstrem di Kabupaten Sumedang. Rencananya voucher tersebut akan diluncurkan Pj Bupati Sumedang sebelum tanggal 1 Juli kepada 10.082 jiwa (3.083 KK) warga miskin ektrem sebesar Rp. 75.000/jiwa setiap bulannya.

Sumedang Targetkan Desember Angka Kemiskinan Ekstrem 0 Persen

10 Juni 2024 - 19:30 WIB

Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli
Trending di SUMEDANG