Home / ARSIP

Kamis, 3 Juni 2010 - 09:07 WIB

Sekolah RSBI harus di Evaluasi



sumedangonline — Adanya pengaduan masyarakat terhadap keberadaan Rintisan Sekolah Berataraf Internasional (RSBI) yang berbiaya tinggi mengundang reaksi DPRD Sumedang untuk meminta sekolah berlabel RSBI untuk dievaluasi. Hal tersebut dikatakan Rahmat Juliadi Ketua Komisi C, pihaknya telah mengundang sekolah berstatus RSBI dan meminta keterangan atas pengaduan masyarakat.

Menurut Rahmat, Sekolah berlabel RSBI harus memiliki ukuran yang jelas dengan jaminan kelulusan yang berkualitas.  Namun faktanya pihaknya menerima banyak pengaduan yang mengatakan sekolah RSBI khususnya SMA Negeri 1 Sumedang hanya memunculkan biaya tinggi, sementara kualitas lulusannya tidak menjamin lebih baik dibanding sebelum berstatus RSBI.

Baca Juga  Festival di Pacuan Kurang Peserta

Lebih lanjut Ketua DPRD menyesalkan ketidak hadiran Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sumedang Masduki, yang tidak memenuhi panggilan DPRD, padahal sudah diundang dua kali.

“DPRD, akan terus melakukan panggilan”Ujar Rahmat.

Sementara itu, Eem Hendrawan selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang mengatakan RSBI di Sumedang meliputi SMA Negeri 1 Sumedang, SMK Negeri 2 Sumedang, dan SMP Negeri 2 Sumedang.

Terkait usulan evaluasi pihaknya mengatakan pada dasarnya evaluasi akan dilakukan setiap tahun.  Adapun mengenai dampaknya terhadap pungutan biaya siswa yang membengkak sehingga membebani orangtua, Eem mengungkapkan pendanaan itu dibolehkan untuk menampung partisipasi masyarakat, tetapi harus jelas programnya.

Baca Juga  Jambret Beraksi Dekat Mapolres

Pihak Dinas Pendidikan sendiri seharusnya mengetahui apa yang diprogramkan oleh sekolah RSBI, namun Dinas Pendidikan membantah pihaknya mengetahui pungutan di sekolah RSBI, namun pihaknya menerima laporan program yang dijalankan Sekolah berstatus RSBI. Menurut Eem, iuran dari masyarakat bersifat sumbangan sukarela, tidak boleh di patok, karena kalau sudah di patok berarti tariff, dan itu yang salah karena tidak ada regulasinya.**(SO3)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

ARSIP

DON, DIANGGAP SUDAH MENINGGAL DUNIA

ARSIP

BELUM TUNTAS, PENGUKURAN ELEVASI DI PADAJAYA

ARSIP

Opik Lebaran Hari ini

ARSIP

“BATIK KASUMEDANGAN TERANCAM KEPUNAHAN”

ARSIP

Rumah dibantaran Sungai Cipeles dikunjungi Air

ARSIP

Tiga Unit Alat Berat Bersihkan Longsor Cadas Pangeran

ARSIP

TRUK TERGULING, MENABRAK RUMAH

ARSIP

TAHUN BARU TARIF BARU