DAERAH  

Sumedang Berharap Perda SPBS Segera Terwujud.

Warga Situraja melihat gantungan, yang berupa makanan dalam ngaruat jagat. Foto:Pitriyani
Warga Situraja melihat gantungan, yang berupa makanan dalam ngaruat jagat. Foto:Pitriyani
SITURAJA-Kepala Bidang Seni Kabupaten Sumedang, Ade Rohana, mengharapkan agar Perbup 113/2009 ingin segera menjadi Peraturan Daerah, tentang Sumedang Puseur Budaya Sunda.
Salahsatu wujud implementasi dari kegiatan itu salahsatunya seperti yang tengah dilakukan oleh masyarakat Situraja yang menggelar acara ngaruat jagat.
Lanjut dia, dalam kegiatan seni budaya itu banyak berbagai filosopis positif yang dapat diberdayakan oleh Sumedang.
“Ajen filosofis Insun Medal Insun Madangan, kula medal pikeun nyaangan. Jika itu dilihat, di Situraja itu sudah terwujud. Sesudah muncul makalangan, orang Sumedang itu harus memberikan penerangan,” paparnya.
Lanjut dia, konsep konsep budaya Sumedang sudah banyak dipakai oleh pusat. Itu tercermin, Sumedang sudah berhasil meraih IGA. Kata dia, tidak semua kabupaten/kota mendapat IGA.
“Konsep Sumedang, sudah dipakai oleh pusat. Sumedang sudah dapat IGA, itu sebagai wujud ngokolakeun seni budaya sudah dapat apresiasi,” jelasnya.
Sebut dia, giat ngaruat jagat juga sebagai perwujudan untuk memelihara alam.
“Ini untuk ngamumule kekayaan alam, kecintaan yang baik untuk mencintai alam. Ajen ke dua, ajen manager, rawayan jatisunda, ciri mandiri yang terbilang bagus,” pungkasnya.***
Baca Juga  Banjir Setinggi Lutut Genangi Jalan Ciseke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK