Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Minggu, 2 Oktober 2016 - 20:17 WIB

Dua bayi kembar siam segera dioperasi



SUMEDANGONLINE: Dua bayi kembar siam Devina dan Devani yang terlahir dempet di seputaran kaki bagian atas akan segera menjalani operasi pemisahan.
Rencana tersebut disampaikan dalam kunjungan Bupati H. Eka Setiawan dan Hj. Hanne Budhi Eka ke rumah pasangan Hendi dan Eni selaku orang tua kedua bayi tersebut di Dusun Panyirapan, Desa Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara, Sabtu (1/10).
Turut hadir mendampingi Bupati, Kadis Kesehatan Retno Ernawati beserta jajaran, Direktur RSUD dr. Hilman Taufiq, dan Camat Sumedang Utara Dikdik Syeh Rizki. Kehadiran mereka adalah untuk memberikan dorongan moril dan materil khususnya kepada orang tua si kembar atas rencana operasi tersebut.
Meski terlahir dalam kondisi yang mengkhawatirkan, bayi bernama lengkap Devina Aulia Nurhasani dan Devani Aulia Nursadikin tampak sehat dan ceria, bahkan sudah mulai pintar bicara.
Menurut Kadis Kesehatan Retno Ernawati, proses pemisahan kedua bayi berumur 25 bulan tersebut akan dilaksanakan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dalam waktu dekat. “Mereka (Devina-Devani) sudah masuk daftar tunggu untuk pelaksanaan operasi pemisahan. Tinggal menunggu konfirmasi dari pihak RSHS waktunya kapan,” terang Retno kepada Bupati.
Bupati berharap agar pihak keluarga bersabar dan mendapat kelancaran. “Semoga diberikan kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan ini. Juga semoga diberikan kelancaran dan kemudahan saat pelaksanaan operasi nanti,” ujar Bupati.
Dirut RSUD dr. Hilman Taufiq menjelaskan bahwa ada ketentuan khusus dalam pelaksanaan operasi pemisahan tubuh antara lain pasien harus berusia minimal 2 tahun atau mempunyai berat badan 20 kg, dalam arti masing-masing 10 kg. “Jadi ada ketentuan mana yang tercapai lebih dahulu. Untuk Devina-Devani kebetulan usianya sudah lebih dari 2 tahun meskipun bobotnya kurang dari 20 kg, yakni baru 18 kg,” ungkapnya.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati melalui Hj. Hanne Budhi Eka memberikan bantuan berupa paket Sembako dan sejulah uang tunai yang diserahkan langsung kepada Ny. Eni, ibu dari kedua bayi kembar tersebut. (*/hms)

Baca Juga  Tega, Bayi Dibuang Ibunya Sendiri ke Paciringan
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Nasional

Penetapan Paslon Terpilih Pilgub Tinggal Tunggu Paripurna DPRD Jabar

JATINANGOR

Puluhan Rutilahu Tunggu Keseriusan Pemerintah

Pilihan Redaksi

Polisi Ringkus, Suami yang Tega Nyuri Uang Istrinya Rp 30 juta

Pilihan Redaksi

Disposal Bendungan Rengrang Ancam Tiga Rumah Ambruk

Pilihan Redaksi

Bawaslu Sumedang Siap Kawal Pemilu Jurdil
Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan diwawancara usai rapat paripurna penyampaian Raperda di ruang Paripurna DPRD Sumedang, Jumat (23/10).

SUMEDANG

Penyampaian Jawaban Lima Raperda APBD 2021 Akan Dibahas Dua Pansus
Peserta Musda X DPD Partai Golkar Sumedang yang batal digelar hari ini.

Pilihan Redaksi

Musda X DPD Golkar Sumedang Kembali Diundur, SC: Jangan ada Tafsir Lain
Berikut ini merupakan barang bukti obat-obatan terlarang jenis Psikotropika yang didapat dari dua tersangka yang ditangkap Satres Narkoba Polres Sumedang.

Bandung Raya

Bandar Psikotropika Asal Bandung Diciduk Satres Narkoba Polres Sumedang